STRATEGI KOMUNIKASI KOMISI INFORMASI PROVINSI BALI DALAM MENDORONG KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK PADA PEMERINTAH DAERAH DI BALI

  • I Gusti Agung Laksmi Swaryputri Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bisnis Universitas Dwijendra
  • I Wayan Aryawan Program Studi Bahas Indonesia, FKIP Universitas Dwijendra
  • I Gusti Ngurah Kihasta Kaca Jenggala Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bisnis Universitas Dwijendra
  • I Gusti Ngurah Agung Maheswara Natha Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bisnis Universitas Dwijendra
Keywords: strategi komunikasi, komisi informasi, keterbukaan infomasi publik

Abstract

Dengan adanya UU Nomer 14 tahun 2008 dan terbentuknya Komisi Informasi Pusat serta daerah maka akan ada keterbukaan informasi publik untuk masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk strategi komunikasi yang telah dilakukan oleh KI Bali dalam mendorong keterbukaan informasi publik pada pemerintah daerah di Bali dan memahami proses komunikasi organisasi internal dan eksternal serta komunikasi publik antara KI Bali, pemerintah daerah di Bali dan masyarakat Bali. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian yakni Ketua, para komisioner dan staf KI Bali. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian strategi komunikasi KI Bali untuk mendorong keterbukaan informasi publik pada badan-badan publik pemerintah daerah Bali yaitu lewat kegiatan sosialiasi, visitasi dan verifikasi monev (monitoring dan evaluasi). Selanjutnya KI Bali melakukan edukasi ke badan-badan publik, masyarakat, dan mahasiswa. KI Bali juga menyelesaikan kasus-kasus dalam sidang sengketa informasi publik antara pemohon (pihak masyarakat umum atau lembaga swadaya masyarakat) dan termohon (pihak badan-badan publik di daerah Bali).  KI Bali secara maksimal melakukan komunikasi organisasi internal dan eksternal serta komunikasi publik dalam mendorong keterbukaan informasi publik dengan keterbatasan sumberdaya manusia dan anggaran

References

Afdjani, Hardiono. 2014. Ilmu Komunikasi, Proses dan Strat. Indigo Media. Tangerang.
Cangara, H. Hafield. 2014. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Raja Grafindo. Jakarta
Effendy, Onong Uchjana. 2012. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Remaja RosdaKarya. Bandung.
Muhammad, Arni. 2014. Komunikasi Organisasi. PT.Bumi Aksara. Jakarta.
Mulyana, Deddy. 2010. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Suranto, AW. 2005. Komunikasi Perkantoran: Prinsip Komunikasi Untuk Meningkatkan Kinerja Perkantoran. Media Wacana. Yogyakarta.
Yulianita, Neni. 2005. Dasar-Dasar Public Relations. Pusat Penerbitan Universitas (P2U). Bandung.
Published
2025-01-30