PENERAPAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI GURU DENGAN SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS LUAR BIASA SUMBA TENGAH NUSA TENGGARA TIMUR

  • Bernadus Bernando Bria Program Studi Hubungan Masyarakat Universitas Bali Dwipa
  • Sarlina Lali Pora Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Sumba Tengah
  • Naomi Kaka Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bisnis Universitas Dwijendra
Keywords: Komunikasi Antarpribadi,Anak Bekebutuhan Khusus

Abstract

Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) memiliki hak yang sama dengan anak normal lainnya dalam segala aspek kehidupan. Termasuk dalam dunia Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui bagaimana komunikasi Antarpribadi guru terhadap anak berkebutuhan khusus di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Sumba Tengah Nusa Tenggara Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan deskriptif Kualitatif. Hasil penelitian ini adalah bahwa Guru Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Sumba Tengah Nusa Tenggara Timur memiliki keterbukaan yang tinggi dalam berkomunikasi dengan siswa Berkebutuhan Khusus. Guru menggunakan strategi komunikasi empati dengan mengajak siswa Berkebutuhan Khusus untuk ikut bersosialisasi dan  berinteraksi dengan  yang  lain agar siswa juga merasakan apa yang  orang  lain rasakan. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, menyimak, menulis, membaca dan berbicara sangat penting untuk siswa berkebutuhan Khusus karena mereka membutuhkan pengarahan dalam belajar agar siswa Berkebutuhan Khusus juga bisa seperti siswa siswa normal pada umumnya

References

AW, Suranto.2011.Komunikasi interpersonal Yogyakarta:Graha Ilmu.
Eric Berne 2009 Transactional Analysis In Psychoterapy,A systematic Individual And Sosial Psychyatry New York Grove press.Reprinted London:souvenir press.
Efendy 2002 Mari membuat Film Panduan menjadi prosedur.yogyakarta:panduan.
Garinida 2015 Pengantar pendidikan Inklusif.Bandung:Revika Aditama.
Hardjana 2003 Komunikasi Intrapersonal dan Komunikasi interpersonal.yogyakarta:Penerbit Kanisius.
Jamaris 2014 Kesulitan Belajar Presfektif,Asesemen,dan penangulangannya.Bogor:Ghalia Indonesia
Liliweri 2009 Makna Budaya dalam komunikasi anatrbudaya.yogyakarta:PT LKiS Printing Cemerlang.
Mulyana 2005 Ilmu Komunikasi,suatu Pengantar.Bandung:PT.Remaja rosdakarya.
Mapiare 2006 Kamus Istilah Konseling,Jakarta,Raja Grafindo Persada.
Nida 2018 Membangun konsep diri bagi anak berkebutuhan khusus.Thufula:Jurnl Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal,2(1),pp.45-64
Prayitno dan Erman 2004 Layanan Bimbingan dan koseling Kelompok.padang:Jurusan Bimbingan Dan konseling Fakultas Ilmu pendidikan Univerisatas Negeri Padang.
Ridwan Bangswan 2021 Pendidikan anak berkebutuhan khusus.jambi:Anugerah Pratama press
Rigby dan Zdunek 2021 Defending The rights Of children with special needs.International Journal of Community and social care.
Sugiyono.2012.Memahami penelitian Kualitatif.badung:cv.Alvabeta
Septiana 2017 peran Guru dalam standar proses pendidikan khusus pada lingkup pendidikan formal (sekolah luar biasa/sekolah khusus).Universitas Islan Nusatara Bandung.
Sugiyono 2012 Metode Penelitian Kualitatif dan RDN Edisi Revisi.Bandun:Alfabeta.
Suryo subroto 1997 Proses Belajar mengajar di sekolah.(Jakarta:PT.Rineksa Cipta).
Sukardi 2008 Metodologi Penelitian Pendidikan,Kompentensi Dan Praktiknya.Jakarta:PT.Bumi Aksara.
UUD No 74 tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen. Bandung:PT Citra Umbara.
Wiryanto 2005 Pengantar Ilmu Komunikasi.Jakarta:Gramedia Widiasarana Indonesia.
Published
2025-01-30