PEMBINAAN WARGA LANJUT USIA MELALUI PENDEKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA WANA SERAYA DENPASAR
Keywords:
Komunikasi Antar Pribadi, Lansia, Panti Sosial
Abstract
Fase lanjut dalam kehidupan manusia ketika seseorang telah berusia >60 tahun dan mengalami penurunan serta perubahan pada fisik atau disebut dengan lansia. Meningkatnya jumlah penduduk lanjut usia tersebut juga berakibat kepada semakin besarnya beban yang harus ditanggung oleh keluarga, masyarakat dan pemerintah dalam menyediakan pelayanan dan fasilitas lainnya bagi kesejahteraan lanjut usia. Panti Sosial Tresna Werdha di Bali, merupakan upaya Pemerintah untuk mengayomi para Lansia (orang lanjut usia) yang hidup miskin dan terlantar. Dalam melakukan pembinaan, perawat membutuhkan kemampuan komunikasi antar pribadi yang efektif sehingga mudah dipahami oleh para lansia. Oleh karena itu penelitian ini menganalisis pembinaan warga lanjut usia melalui pendekatan komunikasi antar pribadi di Panti Sosial Tresna Werdha Wana Seraya Denpasar dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa perawat melakukan pembinaan pada warga lanjut usia terjadi melalui kegiatan sehari- hari baik seperti saat makan, menonton televisi ataupun melalui kegiatan seperti adanya hiburan yang dilakukan di Panti SosialReferences
Ratnawati, E. 2017. Asuhan Keperawatan Gerontik.Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Kemenkes. 2010. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2009. Jakarta.
Nataprawira, Irene. 2012. Strategi Custumer Relation Panti Sosial Sasana Tresna Werdha. Budi Mulia V Jelambar Jakarta Barat Melalui pendekatan Model Communicative Competence. Skripsi. UI.
Miles, Matthew dan Huberman, A. Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tantang Metode-Metode Baru. Jakarta:UI Press.
Moleong, Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Kemenkes. 2010. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2009. Jakarta.
Nataprawira, Irene. 2012. Strategi Custumer Relation Panti Sosial Sasana Tresna Werdha. Budi Mulia V Jelambar Jakarta Barat Melalui pendekatan Model Communicative Competence. Skripsi. UI.
Miles, Matthew dan Huberman, A. Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tantang Metode-Metode Baru. Jakarta:UI Press.
Moleong, Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.