POLA KOMUNIKASI GURU DALAM MENDORONG MINAT BELAJAR ANAK USIA DINI PAUD BUNGA MAWAR LANGKAS KECAMATAN LAMBA LEDA, KABUPATEN MANGGARAI TIMUR

  • Bernadus Bernando Bria Program Studi Hubungan Masyarakat Universitas Bali Dwipa
  • Ketut Alit Pratiwi Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bisnis Universitas Dwijendra
  • Maria Celsiana Nina Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bisnis Universitas Dwijendra
Keywords: Pola Komunikasi Guru, Minat Belajar, Anak Usia Dini

Abstract

Pola komunikasi satu arah adalah pola komunikasi yang menitikberatkan pada penyampaian informasi atau pesan dari komunikator ke komunikan tanpa adanya umpan balik(feedback). Pola komunikasi dua arah adalah komunikasi tatap muka yang menunjukan bahwa pihak komunikan dapat melakukan umpan balik kepada komunikator. Pola komunikasi multi arah adalah komunikasi banyak arah. Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah bagaimana pola komunikasi yang efektif digunakan oleh pendidik di paud bunga mawar langkas,kecamatan lamba leda kabupaten manggarai timur.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pola Komunikasi Guru Dalam Mendorong Minat Belajar Anak Usia Dini Paud Bunga Mawar Llangkas, Kecamatan Lamba Leda Kabupaten Manggarai Timur. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini informan yang dipilih adalah guru yang mengajar anak usia dini paud bunga mawar sebanyak empat orang Teknik dan instrument pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan atau observasi,wawancara dan dokumentasi.Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian Pola Komunikasi Dua Arah dan Pola Komunikasi Multi Arah merupakan pola komunikasi yang efektif digunakan oleh guru dalam mendorong minat belajar Anak Usia Dini Paud Bunga Mawar Langkas Kecamatan Lamba Leda Kabupaten Manggarai Timur.Dalam penerapan pola komunikasi satu arah agar efektif digunakan dalam pembelajaran anak usia dini di paud bunga mawar, pendidik sebaiknya menggunakan bahasa yang sederhana dan menyenangkan, memanfaatkan media interaksi seperti gambar, poster, atau alat peraga yang menarik untuk memperkuat pesan yang disampaikan dan menjaga minat anak-anak

References

Ahmad Susanto. (2015).Perkembangan Anak Usia Dini : Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya . Jakarta: Kencana.
Ahmad Susanto. (2015).Perkembangan Anak Usia Dini : Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya . Jakarta: Kencana
Bhari. (2004). Pola Komunikasi: Konsep dan Implementasinya dalam Hubungan Interpersonal, Pt Remaja Rosdakarya Bandung
Christiana Hari Soetjiningsih. (2018) Perkembangan Anak Sejak Pembuahan sampai dengan Knak-anak Akhir. Jakarta: Kencana
Effendy Onong Uchjana. (2006). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Greenberg, A. (2006). Pembelajaran Bermain dalam Konteks Taman Kanak-Kanak.
Inah, E. N. (2015). Peran Komunikasi Dalam Interaksi Guru Dan Siswa. Jurnal Al-Ta’dib, 8(2), 150–167.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (2016) pengertian komunikasi
Soejanto. (2005). Komunikasi Antarpribadi. PT Raja Grafindo Persada
Soenarto (2006) Dimensi Pola Komunikasi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Wahyu Ningrum (2018) Peran Komunikasi dalam Kehidupan Manusia. PT Raja Grafindo Persada
Widjaja. (2000). Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta Rineka Cipta.
Published
2024-07-08