IMPLEMENTASI KOMUNIKASI KEPEMIMPINAN DALAM BIDANG BISNIS PADA IKATAN WANITA PENGUSAHA INDONESIA (IWAPI) KOTA DENPASAR

  • Nena Ernawati IWAPI Kota Denpasar
  • Ni Made Adi Novayanti Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bisnis Universitas Dwijendra
  • I Made Sutika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dwijendra
Keywords: Implementasi, Komunikasi Kepemimpinan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi komunikasi kepemimpinan dan komunikasi organisasi dalam bidang bisnis di IWAPI Kota Denpasar, maka penulis tertarik untuk menganalisa implementasi dari komunikasi tersebut, khususnya melihat bagaimana komunikasi kepemimpinan dan organisasi berhasil terjadi dengan memperhatikan aspek menurut Bass, yaitu kemampuan memberikan pengaruh, memecahkan masalah, kemampuan mengawasi dan mengambil keputusan. Hasil penelitian dalam penelitian ini menunjukan tentang implementasi komunikasi kepemimpinan dan organisasi dalam bidang bisnis di IWAPI Kota Denpasar yang telah dapat dilaksanakan dengan baik, tepat dan konsisten oleh para pengurus dan anggotanya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diketahui gaya kepemimpinan IWAPI Kota Denpasar meliputi kepemimpinan transformasional, visioner, dan demokratis. Setiap pemimpin memiliki karakter dan gaya kepemimpinan mereka masing-masing yang dipengaruhi oleh kinerja. Selain itu tingkat dalam menciptakan kreativitas dan inovasi kurang dipandang sebagai ide yang baik dalam pengembangan diri sebagai anggota. Ciri-ciri kepemimpinan perempuan, yaitu berani mengambil resiko dengan melakukan perubahan. Hal ini sejalan dengan banyak perubahan yang telah dilakukan oleh IWAPI Kota Denpasar, seperti kolaborasi dengan berbagai pihak, rapat yang dilakukan secara online melalui zoom meeting sehingga lebih efektif dan efisien, melakukan talk show, arsip dilakukan menggunakan teknologi

References

Agustina, Permatasari, D. R., & Sianturi, J. 2023. Komunikasi, Gaya Kepemimpinan, dan Motivasi dalam Organisasi ( Communication Leadership Style). Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 3(1), 564–575. ummaspul.e-journal.id
Aprianto, N. E. K. 2016. Peran Komunikasi Kepemimpinan Dalam Mengembangkan Organisasi Perspektif Islam. Jurnal Ekonomi Islam, 4(2), 263. ejournal.uinsaizu.ac.id
Aziz, F. A. 2012. Manajemen dalam Perspektif Islam. Jakarta:Pustaka El-Bayan
Azizah, N., Tampubolon, A. P., & Sibarani, H. S. 2021) Komunikasi Organisasi: Kepemimpinan dan Gaya Kepemimpinan: Talenta Usu, 17(1), 24. https://doi.org/10.32734/komunika.v17i1.6776
Deddy, M. 2001. Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan, terjemaham deddy mulyana. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ernawan, E. R. 2011. Organizational Cultrute: Budaya Organisasi dalam Perspektif Ekonomi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Mulyana, D. 2001. Komunikasi Organisasi : Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan Terjemahan. Deddy Mulyana. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Thabroni, G. 2022. Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif (Konsep & Contoh). Serupa.Id. serupa.id
Tubbs, Stewaed. L, & Moss, S. 2001. Konteks- Konteks Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosadakarya.
Zikri Fachrul Nurhadi, A.W. 2017. Kajian Tentang Efektifitas Pesan Dalam Komunikasi. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian
Published
2024-07-08