Pola Komunikasi Horizontal Antar Pegawai Dalam Membangun Iklim Komunikasi yang Kondusif di Grand Mirah Boutique Hotel

  • Anak Agung Rai Tirtawati

Abstract

Permasalahannya dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Pola Komunikasi Horizontal antar Pegawai dalam Membangun Iklim Komunikasi yang Kondusif di Grand Mirah Boutique Hotel, yang bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi horizontal antar pegawai dalam membangun iklim komunikasi yang kondusif di Grand Mirah Boutique Hotel. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa pola komunikasi horizontal antar pegawai dalam membangun iklim komunikasi yang kondusif di Grand Mirah Boutique Hotel berjalan dengan kondusif, terbukti dari sedikitnya tingkat complain yang terjadi antar sesama karyawan dan tingginya rasa percaya, rasa saling menghormati, serta saling menghargai yang ada dikalangan karyawan Grand Mirah Boutique Hotel.

Author Biography

Anak Agung Rai Tirtawati
Universitas Dwijendra

References

Agustinus, Darsono. 1992. Kantor Depan Hotel. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Djanuarga, I Gusti Ketut, Agung. 1987. Penerimaan Tamu (Diktat Perkuliahan). Bali: Balai Pendidikan dan Latihan Pariwisata.

Dedy Mulyana, 2000-2007, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : Rosdakarya.

Effendy, Onong Uchana, 1984. Ilmu Komunikasi Teori & Praktek. Bandung : Rosdakarya

Endar Sugiarto. 1999. Operasional Kantor Depan Hotel. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Haszonics, J. 1989. Front Office Operation. Indiana : Bobbs Merrill Educational Publishing Indianapolis.

Kasavana, L. M. 1990. Effective Front Office Operation. New York: Van Nostard Reinhold Company.

Kusumastuti Frida. 2002. Dasar-dasar Humas. Jakarta: PT Gahalia Indonesia

Mulyana Dedy. 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung PT Remaja Rosda Karya.

Ngurah Putra I Gusti. 1999. Peranan Customer Service dalam meningkatkan mutu pelayanan. Yogyakarta: Universitas Atmajaya.

Nurudin. 2004. Sistem Komunikasi Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Oka, A. Yoeti. 1999. Psikologi Pelayanan Wisata. Jakarta : PT. Gramedia Pusaka Utama.

Wikipedia Bahasa Indonesia, Perseroan Terbatas, https//id.m.wikipedia.org/wiki/ Perseroan_Terbatas.

http://pengertian-pengertian-info.blogspot.co.id/2015/11/pengertian-penanganan-keluhan-menurut.html

http://epthealwayz.blogspot.com/2013/01/iklim-komunikasi-organisasi_14.html

http://www.esaunggul.ac.id/article/hubungan-antara-iklim-komunikasi

Published
2015-07-05