STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM PEMBENTUKAN LINGKUNGAN BELAJAR YANG BAIK DI PERGURUAN TINGGI

  • Syafa Mauranissa Samodra Universitas Pembangunan Nasional ’Veteran’, Yogyakarta
  • Hamasul Haq Universitas Pembangunan Nasional ’Veteran’, Yogyakarta
Keywords: Public Relations, Lingkungan Belajar, Proses Kegiatan Belajar

Abstract

Keterlibatan Public Relations di perguruan tinggi sangat penting terutama untuk terciptanya lingkungan belajar yang baik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana strategi yang harus dilakukan seorang Public Relations dalam mewujudkan lingkungan yang baik, kondusif, dan suportif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu dengan wawancara terbuka. Sampel dalam penelitian ini adalah sivitas akademika UPN “Veteran” Yogyakarta. Teknik analisis data berupa observasi untuk menentukan masalah yang akan dibahas dalam wawancara terbuka. Lingkungan belajar yang baik adalah lingkungan yang mendukung proses kegiatan belajar, sedangkan lingkungan yang tidak baik adalah lingkungan yang menghambat proses kegiatan belajar. Dari hasil penelitian tercatat bahwa lingkungan belajar sangat berpengaruh terhadap hasil belajar di UPN “Veteran” Yogyakarta.

References

Ahzani, ELF, Mastura, E, Ni’mah, LS, Inayah, C and Amalia, V. (2021). The Effect Of Infrasturcture In Supporting the Learning Achievement of Elementary School Student at the Indonesian School of The Hague. MODELING, 8, 52–63.
Arga, H. S, Rahayu, G. D, Altaftazani. D. H, Paratama, D. F. (2019). Sumber Belajar IPS Berbasis Lingkungan. UPI Sumedang Press.
Colin, C. (1996). Public relations. Bumi Aksara.
Djanaid, D. (2005). Public Relations Teori dan Praktek. Program Up.
Ghani, Z. A., & Suleiman, N. (2017). Cash-Cow into the Purse of Malaysian Property Investors: Students Housing Investment. Path of Science, 3(8), 1013–1022. https://doi.org/10.22178/pos.25-5
Ghozali, D. M. (2010). Communication Measurement: Concepts and Applications of Public Relations Performance Measurement. KITA.Com Books.
Haris, A. (2012). Strategi Program Humas dalam Pencitraan Perguruan Tinggi. UMM Press.
Kurnia, I. H., Santoso, D., & Dkk. (2013). REPUTASI SEKOLAH ( Studi Kasus di SMA Negeri 1 Surakarta ). Jupe UNS, I(2), 1–17. https://media.neliti.com/media/publications/13532-ID-strategi-humas-dalam-meningkatkan-reputasi-sekolah-studi-kasus-di-sma-negeri-1-s.pdf
Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif (J. 2018 Cetakan ketiga puluh delapan (ed.)). PT Remaja Rosdakarya.
Morissan, M. A. (2008). Manajemen Public Relation: strategi menjadi humas profesional. :Kencana Prenada Media Group.
Naibaho, H., Adi, F., Veryco, V., & Sugiarto, S. (2010). Pengaruh lingkungan kampus terhadap motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Manajemen Pemasaran.
Nasution, S. (1988). Metode penelitian naturalistik kualitatif / S. Nasution (1st ed.). Tarsito.
Purwanto, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Remaja Rosda Karya.
Rochman, A. (2009). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Laksbang Mediatama.
Sopiatin, P. (2019). Student Satisfaction Based Learning Management. Ghalia Indonesia.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Tirtarahardja, U. (1981). Kesejahteraan Guru Salah Satu Faktor yang Berpengaruh. Terhadap prestasi Belajar Murid SD. FPS. IKIP Surabaya.
Tjiptono. (2008). Strategi Pemasaran (Edisi Keti). Andi Yogyakarta.
Ultra Saalino, Ahmad Razak, M. N. H. N. (2022). Hubungan Antara Sense Of Community Dan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Baru Di Papua Barat (2022-06-30). Journal.Unesa, 13.
Published
2023-07-07