STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS DALAM PENANGGULANGAN SITUASI KRISIS UNTUK PEMULIHAN CITRA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH WANGAYA

  • Agung Laksmi Universitas Dwijendra
Keywords: Komunikasi, Humas, Situasi Krisis, Pencitraan

Abstract

Dalam manajemen pemerintahan di era globalisasi ini, segala upaya ditujukan untuk mewujudkan suatu pemerintahan yang demokratis, kredibel, transparan dan akuntabel yang sangat terkait dengan citra yang mampu diwujudkan oleh humas. Sehingga humas memiliki posisi yang sangat strategis namun rentan dan harus dikelola melalui penerapan prinsip - prinsip manajemen yang memiliki kejelasan dalam rasionalnya, objektivitas, program, strategi dan taktik serta sasaran yang hendak dicapai dan selalu melakukan proses evaluasi untuk meningkatkan kinerja. Humas harus mampu menterjemahkan kepentingan aktual masyarakat. Dalam penelitian yang berjudul ”Strategi Komunikasi Humas Dalam Penanggulangan Situasi Krisis Untuk Pemulihan Citra Rumah Sakit Umum Daerah Wangaya”, bertujuan Untuk mengetahui strategi yang dapat dilakukan oleh Humas dalam penanggulangan situasi krisis pada Rumah Sakit Umum Daerah Wangaya, serta Untuk mengetahui kendala – kendala yang dihadapi Humas dalam pemulihan citra pada Rumah Sakit Umum Daerah Wangaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan subyek penelitian yakni individu – individu yang dapat memberikan keterangan atau informasi sesuai dengan judul penelitian pada Rumah Sakit Umum Daerah Wangaya. Dalam penelitian ini digunakan teknik analisis kualitatif dengan daya logika induktif yaitu metode pemikiran penarikan kesimpulan berdasarkan keadaan – keadaan yang khusus untuk diperlakukan secara umum

References

Abdurachman, Oemi, 1968. Dasar – dasar Public Relations, PT.Citra Aditya Bakti
Astrid Philip, Susanto, 1984. Komunikasi dalam Teori dan Praktek, Bina Cipta, Bandung
Bungin, Burhan, 2007. Sosiologi Komunikasi, Prenada Media Grup, Jakarta
Center, Cutlip & Brom, 1982. Effective Public Relations, New Jersey Prentice Hall International
Cangara, Hafied, 2005. Pengantar Ilmu Komunikasi, PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta
Effendy, Onong Uchjana, 1993.Human Relations dan Public Relations, Penerbit CV.Mandar Maju
Emeraldy Chatra, Nasrullah Rulli, 2008. Public Relations : Strategi Kehumasan dalam Menghadapi Krisis, Maximalis, Jakarta
Frida, Kusumastuti. Dasar – dasar Humas, Penerbit Ghalia Indonesia dengan UMM Press
Hamidi, 2007. Metode Penelitian dan Teori Komunikasi, UMM Press, Jakarta
Jefkins, Frank, 1990. Hubungan Masyarakat, Penerbit Erlangga, Jakarta
Jefkins, Franks, 1996. Public Relations Jilid IV, Penerbit Cirakas, Jakarta
Jim, Macnamara, 2010. Strategi Komunikasi Public Relations, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Liliweri, Alo, 2011. Strategi Komunikasi Masyarakat, LKIS, Jakarta
Moore, Frazier, 2004. HUMAS Membangun Citra Dengan Komunikasi, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung
Nasir, Moh, 1998. Metode Penelitian, Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta
Ruslan, Rosady, 2005. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi, PT.Raja Graf Indo Persada, Jakarta
Saesary, Pawestri, 2008. Strategi Public Relations dalam Managemen Krisis Guna Memperbaiki Citra Perusahaan, Universitas Paramadina, Jakarta
Published
2023-01-07