STRATEGI KOMUNIKASI KONSULAT JENDERAL REPUBLIK DEMOKRATIK TIMOR-LESTE DALAM MEMPROMOSIKAN SENI DAN BUDAYA TIMOR LESTE DI BALI
Keywords:
Strategi Komunikasi, Konsulat, Promosi, Seni dan Budaya, Communication Strategy, Consulat, Promotion, Art and Culture
Abstract
Seni dan budaya yang pada suatu negara yang awalnya di pegang teguh dan dijaga, kini sudah hampir punah. Salah satunya adalah Timor Leste.Timor-Leste melakukan hubungan bilateral dengan Indonesia, sehingga didirikanlah Konsulat di beberapa provinsi di Indonesia, salah satunya bertempat di denpasar Bali. Konsulat Jenderal bertujuan melaksanakan usaha peningkatan hubungan dengan negara penerima. Meskipun Timor Leste memiliki keanekaragam seni dan budaya, namun masih banyak masyarakat luar yang belum mengetahui informasi mengenai seni dan budaya yang ada di Timor Leste. Dalam Penelitian Yang Berjudul “ Strategi Komunikasi Konsulat Jenderal Republik Demokratik Timor Leste Dalam Mempromosikan Seni Dan Budaya Timor Leste di Bali” ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan subjek penelitian Wakil Konjen Hugo Immanuel Garcia S.I.Kom dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriftif kualitatif. Untuk menerapkan Strategi Komunikasi Dalam Mempromosikan Seni dan Budaya, ada beberapa langkah yang dilakukan. Langkah-langkah tersebut yaitu menentukan komunikator, menyusun pesan, melalui media apa, komunikan, efeknya bagaimana dan bagaimana feedbacknya. Hasil Penelitian dapat disimpulkan dengan cara memaksimalkan promosi melalui pemberitahuan kepada lembaga-lembaga pendidikan yang ada di Bali, melalui beberapa media yang digunakan untuk mempromosikan seni dan budaya dan mendapat respon yang cukup baik dari masyarakat. This study discusses the Communication Strategy of the Consulate General of the Democratic Republic of Timor-Leste in promoting the arts and culture of East Timor in Bali. Namely the Consulate General of the Democratic Republic of Timor Leste as a country that wants to carry out bilateral and multilateral relations and also with respect to the respective stipulations of laws that apply to each country in order to establish cooperation with the establishment of representatives in every province in Indonesia receiving and receiving them so that they can communicate through the representative. In the agreement between the two countries of Timor Leste and Indonesia, especially Bali, every year they take part in an event (exhibition) by promoting various types of arts and culture. As the basis of this research, the theory used is the theory of Communication and Promotion Strategy. This theory helps researchers in finding out more about communication strategies in promoting and strengthening research results. The method used in this research is a qualitative descriptive method. The data collection method used in this research consisted of in-depth interviews. To implement the Communication Strategy of the Consulate General of the Democratic Republic of Timor Leste in Promoting Arts and Culture, there are several steps that must be taken. These steps are determining the communicator, compiling the message, through what media / channel, to whom ( communicant) , the effect / how the response and how the feedback.References
Abidin, Y. Z. (2015). Manajemen Komunikasi: Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: CV Pustaka Setia.
Assauri,Sofjan. 2011. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.460 Hal.
Cangara, Hafied. 2014. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Cangara, 2013, Pengantar Ilmu Komunikasi (Jakarta: Raja Grafindo,)
David Fred R, 2011. Manajemen Strategi Konsep, Jakarta: Prenhallindo.
Effendy, Onong Uchyana. 2011. Ilmu Komunikasi: Teori dan Prakteknya, Bandung : Remaja Rosdakarya.
Fandy Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta.
Liliweri, Y.K.N., Mandaru, Daga,., 2010. Strategi Perancangan Komunikasi Visual Promosi Karya Seni Ukir Kayu Motif Khas Timor. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi
Morrison, M.A. (2015). Dasar-Dasar Periklanan Cetsksn Ke Empat. Yogyakarta: Graha Ilmu
Solihin, Ismail. 2012. Manajemen Strategik. Jakarta: Penerbit Erlangga
Assauri,Sofjan. 2011. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.460 Hal.
Cangara, Hafied. 2014. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Cangara, 2013, Pengantar Ilmu Komunikasi (Jakarta: Raja Grafindo,)
David Fred R, 2011. Manajemen Strategi Konsep, Jakarta: Prenhallindo.
Effendy, Onong Uchyana. 2011. Ilmu Komunikasi: Teori dan Prakteknya, Bandung : Remaja Rosdakarya.
Fandy Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta.
Liliweri, Y.K.N., Mandaru, Daga,., 2010. Strategi Perancangan Komunikasi Visual Promosi Karya Seni Ukir Kayu Motif Khas Timor. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi
Morrison, M.A. (2015). Dasar-Dasar Periklanan Cetsksn Ke Empat. Yogyakarta: Graha Ilmu
Solihin, Ismail. 2012. Manajemen Strategik. Jakarta: Penerbit Erlangga