STRATEGI KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI ANTARA GURU DAN SISWA DALAM MEMOTIVASI MINAT SISWA BELAJAR BAHASA INGGRIS
(STUDI KASUS PADA GURU BAHASA INGGRIS KELAS 1 SEKOLAH DASAR BALI PUBLIC SCHOOL)
Keywords:
interpersonal communication, motivation, interest in learning
Abstract
English is one of the most influential lessons in the present and future, because English is one of the most commonly used international languages at this time. This study aims to find out how interpersonal communication strategies between teachers and students in motivating students' interest in learning English. This research uses a qualitative descriptive approach with data collection methods in the form of interview and documentation techniques. The context of interpersonal communication that the teacher has applied in motivating students' interest in learning English is the psychological, relational, situational, environmental and cultural contextReferences
B. Uno, Hamzah, 2007. Teori Motivasi dan pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksana.
Cangara,Hafied, 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Devito, A. Joseph, 2001. Komunikasi Antar Manusia. Tangerang : Kharisma Publishing.
Effendy, Onong Uchjana, 1993. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung : PT Citra Aditya Bakti.
Effendy, Onong Uchjana, 2003. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung : Citra Aditya Bakti.
Gie, The Liang, 1998. Cara Belajar yang Efisien. Bandung : ITB.
Harapan, Edi, dan Syarwani Ahmad, 2014. Komunikasi Antarpribadi. Jakarata : Raja Grafindo Persada.
Hardjana, M. Agus, 1994. Kiat Sukses Studi di Perguruan Tinggi. Yogyakarta : Kanisius.
Liliweri, Alo, 1997. Komunikasi AntarPribadi. Bandung : Citra Aditya Bakti.
Loekmono, 1994. Belajar Bagaimana Belajar. Jakarta : Aksara Baru.
Muhadjir, Noeng, 1996. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Rakesarasin.
Muktadir, Malik, 2017. Teori Analisis Data Miles dan Huberman. https://www. galinesia.com/2017/11/teori-analisis-data-miles-dan-huberman.html#. (Diakses pada tanggal 30 Mei 2019)
Nazir, Moh, 1998. Metode penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Nur’aini, Aliyah, 2015. Konsep Komunikasi Antarpribadi. https://www.academia.edu/16066117/pert_1_konsep_komunikasi_antar_pribadi. (Diakses pada tanggal 05 Februari 2019).
Pudjijogjanti, Clara R, 1985. Konsep diri dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Pusat Penelitian Unika Atma Jaya.
Cangara,Hafied, 2012. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Devito, A. Joseph, 2001. Komunikasi Antar Manusia. Tangerang : Kharisma Publishing.
Effendy, Onong Uchjana, 1993. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung : PT Citra Aditya Bakti.
Effendy, Onong Uchjana, 2003. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung : Citra Aditya Bakti.
Gie, The Liang, 1998. Cara Belajar yang Efisien. Bandung : ITB.
Harapan, Edi, dan Syarwani Ahmad, 2014. Komunikasi Antarpribadi. Jakarata : Raja Grafindo Persada.
Hardjana, M. Agus, 1994. Kiat Sukses Studi di Perguruan Tinggi. Yogyakarta : Kanisius.
Liliweri, Alo, 1997. Komunikasi AntarPribadi. Bandung : Citra Aditya Bakti.
Loekmono, 1994. Belajar Bagaimana Belajar. Jakarta : Aksara Baru.
Muhadjir, Noeng, 1996. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Rakesarasin.
Muktadir, Malik, 2017. Teori Analisis Data Miles dan Huberman. https://www. galinesia.com/2017/11/teori-analisis-data-miles-dan-huberman.html#. (Diakses pada tanggal 30 Mei 2019)
Nazir, Moh, 1998. Metode penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Nur’aini, Aliyah, 2015. Konsep Komunikasi Antarpribadi. https://www.academia.edu/16066117/pert_1_konsep_komunikasi_antar_pribadi. (Diakses pada tanggal 05 Februari 2019).
Pudjijogjanti, Clara R, 1985. Konsep diri dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Pusat Penelitian Unika Atma Jaya.
Published
2021-01-07
Section
Articles