PERANAN ASURANSI TERNAK SAPI PADA KELOMPOK PELAKSANA SIMANTRI DI KABUPATEN BULELENG

  • Kadek Ayu Charisma Julia Dewi Fakultas Pertanian Universitas Dwijendra

Abstract

Sistem pertanian terintegrasi (SIMANTRI) adalah  suatu sistem pertanian yang mengintegrasikan ternak dengan tanaman dalam satu areal. Beberapa masalah yang dihadapi dilapangan oleh para petani, salah satunya adalah kematian ternak sapi. Menghadapi risiko dan ketidakpastian yang makin tinggi akibat perubahan iklim dan berbagai bencana turunannya, oleh karena itu untuk Simantri mulai tahun 2014 diwajibkan untuk mengansuransikan ternak sapi simantri. Penelitian ini bertujuan untuk: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat-manfaat yang dirasakan oleh kelompok pelaksana serta kendala-kendala yang dialami para pertenak dalam beransuransi sapi/ Penelitian ini dilakukan di Kelompok Pelaksana Simantri di Kabupaten Buleleng. Penentuan lokasi penelitian ini dilakukan dengan metode “purposive samplingâ€, Populasi dalam penelitian ini adalah Kelompok Pelaksana Simantri di Kabupaten Buleleng yang telah melaksanakan program Simantri dari tahun 2014 sampai dengan tahun 2017 sebanyak 53 Kelompok Tani pelaksana. Sampel dalam penelitian ini adalah masing-masing Ketua Pengurus Kelompok Tani Pelaksana Simantri Kabupaten Buleleng tahun 2014 sampai tahun 2017. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada manfaat yang dirasakan oleh kelompok pelaksana dimana kelompok mendapatkan jaminan atau ganti rugi apabila, sapi mati karena penyakit, sapi mati karena kecelakaan,  sapi mati karena beranak,sapi hilang karena kecurian. Ganti rugi dapat diberikan oleh Tertanggung kepada Penanggung dengan ketentuan sebagai berikut: terjadi kematian atas ternak sapi yang diasuransikan, kematian ternak sapi terjadi dalam jangka waktu pertanggungan. Kendala-kandala dalam asuransi ternak sapi yang dihadapi oleh kelompok pelaksana simantri, panjangnya tahapan ansuransi dan pola pikir dari beberapa kelompok pelaksana yang masih belum bisa mengikuti asuransi.Kata Kunci : Simantri, Asuransi,  Ganti Rugi

References

Dinas Pertanian Tanaman Pangan Pemerintah Provinsi Bali. 2014. Sistem Pertanian Terintegrasi (Simantri) Provinsi Bali. Denpasar.

Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Bali: Syarat Gapoktan. Denpasar. http://distan provinsibali.com/syarat-Gapoktansimantri/. Diakses Tanggal 5 Juni 2014.

Pemerintah Provinsi Bali. 2009. Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 9 Tahun 2009 Tentang Rencana Pembangunan Jangka

Saragih. 2001. Agribisnis Paradigma Baru Pengembangan Ekonomi Berbasis Pertanian kumpulan Pemikiran. Sucofindo. Bogor.

Winarso. 2012. Realisasi Kegiatan Program Daerah dalam Pengembangan Pembibitan Sapi Potong Guna Mendukung Swasembada Daging Nasional. Jurnal Penelitian Pertanian Terapan 14. Denpasar.

Wisnuardhana, IB. 2009. Membangun Desa Secara Berkelanjutan dengan “Simantri†(Sistem Pertanian Terintegrasi). Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Bali. Denpasar. distanprovinsibali.com/berita/simantri.doc. Diakses Tanggal 5 Juni 2014

Published
2018-05-05
Section
Articles