STRATEGI PEMASARAN AYAM BROILER PADA PT MITRA SINAR JAYA DENPASAR

  • Made Antara Fakultas Pertanian Universitas Udayana
  • Bramanto Aji Fakultas Pertanian Universitas Udayana

Abstract

Kekuatan PT Mitra Sinar Jaya, yaitu pada jaminan kualitas dari ayam broiler, profesionalisme karyawan, dan pelayanan terhadap konsumen. Sedangkan kelemahan PT Mitra Sinar Jaya yaitu promosi dan harga produk. Strategi pemasaran utama PT Mitra Sinar Jaya yaitu market penetration, market development, dan product development atau strategi terintegrasi seperti backward integration, forward integration, dan horizontal integration. Sedangkan strategi alternatif yang dapat dilakukan oleh PT Mitra Sinar Jaya antara lain strategi Strenghts Opportunities (SO) yaitu : mempertahankan jaminan kualitas yang sudah ada, peningkatan pelayanan terhadap konsumen, dan pemberian apresiasi (penghargaan) khusus bagi karyawan yang berprestasi. Strategi Strenghts Threats (ST) yaitu : mampertahankan pangsa pasar yang sudah ada dan menetapkan strategi harga. Strategi Weaknesses Opportunities (WO) yaitu : dengan melakukan efisiensi biaya dan melakukan kegiatan promosi dengan lebih gencar lagi. Strategi Weaknesses Threaths (WT) yaitu : dengan mengoptimalkan penjualan secara langsung dan menjalin kerja sama yang baru dengan perusahaan pemasok supplier bibit.Kata Kunci: Strategi, SWOT,  PTMitra Sinar Jaya

References

AAK. 1986. Beternak Ayam Pedaging. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.

Adi, Andika Prasetyo. 2004. “Strategi Pemasaran Neemba Oil Pada PT Intaran Indonesia di Kabupaten Badung, Bali. Skripsi tidak dipublikasikan. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Universitas Udayana, Denpasar.

Ciptani, Monika Kussetya. 2003. Suatu Pendekatan Baru dalam Product Development Costing Untuk Barang – Barang Industri. puslit.petra.ac.id. Disidir tanggal 4 Mei 2009.

Dewi, Ni Made Ayu Srilaksmi. 2003. “Potensi dan Prospek Pengembangan Usahatani Ayam Ras Petelur di Desa Bahbahan, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabananâ€. Skripsi tidak dipublikasikan. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Udayana, Denpasar.

Direktorat Gizi, Depkes RI. 2000. Kandungan Gizi Daging Ayam Broiler. www.depkes.go.id. Disidir tanggal 21 Maret 2009.

Hurriyati, Ratih. 2008. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Penerbit Alfabeta, CV. Bandung.

Purba, Irvan Agus. 2008. “Strategi Pemasaran Jasa Pengendalian Hama Rayap pada PT Wotraco Bali Rayaâ€. Skripsi tidak dipublikasikan. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Universitas Udayana, Denpasar.

Rangkuti, Freddy. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Penerbit Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sumaryani, Nyoman Putri. 2007. “Strategi Pemasaran Buah di PT Moena Nusantara Bali (Moena Fresh) Denpasarâ€. Tesis tidak dipublikasikan. Program Pascasarjana, Universitas Udayana, Denpasar.

Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran. Cetakan Ke–6. Penerbit Andi,Yogyakarta.

Umar, Husein. 2003. Strategic Management in Action. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Published
2010-11-04
Section
Articles