STRATEGI PEMASARAN CABE PAPRIKA DI DESA CANDIKUNING, KECAMATAN BATURITI, KABUPATEN TABANAN
Abstract
Di Provinsi Bali juga merupakan salah satu penghasil paprika di Indonesia, meskipun lahan paprika di Bali tidak seluas lahan paprika di Jawa Barat, namun usahatani paprika di Bali dari tahun ke tahun mengalami peningkatan.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran cabe paprika di Desa Candikuning. Dan mengetahui kendala-kendala pemasaran cabe paprika yang di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan.Penelitian ini dilakukan di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. Lokasi penelitian ini ditentukan secara purposive sampling.Jumlah populasi petani cabe paprika dalam penelitian ini sebanyak 76 orang petani,dan yang ditetapkan sebagai anggota sampel berjumlah 36 orang petani, dengan menggunakan tehnik pengambilan data petani secara acak dan sederhana(“Simple Random Samplingâ€).Strategi pemasaran yang digunakan oleh petani diDesa Candikuning adalah melalui “4P†yaitu : produk, harga, saluran distrubusi, dan promosi. Dari segi produk yang dihasilkan oleh petani sampel di Desa Candikuning yaitu berupa produk segar yang memiliki kualitas grade super, sedang, dan kecil, dari segi harga disesuaikan dengan kualitas cabe paprika, saluran distribusi di Desa Candikuning yaitu pedagang pengepul langsung mendatangi petani ke kebun untu memanen cabe paprika yang sudah matang dan pengepul langsung membawa peralatan pengukur berat berupa timbangan dan bahan-bahan untuk pengemasan, promosi petani sampel di Desa Candikuning masih minimnya pengetahuan sehingga belum melakukan promosi ke supermarket maupun ke hotel-hotel.Adapun kendala-kendala yang dihadapi oleh petani cabe paprika diantaranya dari tingkat harga, hama dan penyakit, dan rendahnya kualitas sumber daya manusia.Kata Kunci : Paprika, Strategi, PemasaranReferences
Cahyono,Bambang.2003. Cabe Paprika dan Tehnik Budidaya.Kanisius.
Djatmiko.2011. Tujuan-Strategi Harga. Erlangga.
Pracaya.1991. Hama dan Penyakit Tanaman.Jakarta : Penebar Swadaya .
Stanton, Wiliam J. 2001.Prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga.
Swastha,Basu dan Irawan. 2005. Yogyakarta : Manajemen Pemasaran Modern. Liberty.
Phirmantoro.2006. Pengertian Cabe Paprika. Jakarta : Penebar Swadaya.
Sujatmaka.1988. Insektisida yang tepat.Trubus, Desember.
Saladin,Djaslim.2002.Manajemen Pemasaran.Jakarta: Salemba Empat.
Craven,D,W.2003.Pemasaran Strategi. Edisi Empat jilid 1 dan 2 . Terjemahan, Salim L. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisisn Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat.
Kismono, Gugup.2001. Definisi-Pengertian-Harga-Tujuan Penetapan Harga. BPFE.
Lamb, Hair, McDaniel.2001.Pemasaran Buku 1 dan 2. Penerjemah David Octarevia. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.
Tjiptono, Fandy.2001. Strategi Pemasaran.Edisi I. Yogyakarta : AndyOffset.