SALURAN DAN MARJIN PEMASARAN KOMODITAS KENTANG (Studi Kasus di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Saluran dan Marjin Pemasaran Komoditas Kentang di Desa Candikuning Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan†penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran dan marjin pemasaran komoditas kentang di Desa Candikuning Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara purposive sampling (seluruh jumlah populasi diambil sebagai responden dengan metode Sensus sebanyak 50 Petani kentang. Analisis data menggunakan rumus marjin dan rumus farmer,s share.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat saluran pemasaran di Desa Candikuning Kecamatan Baturiti yaitu : Saluran I : Petani à Pedagang Pengepul à Pedagang Besar à Pedagang Pengecerà Konsumen. Saluran II : Petanià Pedagang Pengepulà Pedagang Pengecer à Konsumen. Saluran III : Petani pedagang besarà Pedagang Pengecerà Konsumen. Saluran IV : Petanià Pedagang Pengepulà Konsumen. Berdasarkan pengolahan data secara statistik maka didapatkan marjin pemasaran melalui saluran I sebesar Rp. 7.750,00, saluran II sebesar Rp. 7.500,00, saluran III sebesar Rp. 6,000,00 dan pada saluran ke IV yaitu Rp. 4.000,00. Dari 50 orang petani sebanyak 20 orang petani menjual kentang melalui saluran I, 15 orang melalui saluran II, 10 orang petani melalui saluran III dan hanya 5 orang yang melalui saluran IV.Kata kunci : saluran, marjin pemarasan, kentangReferences
Ashandhi, Azis Azinil. 1991. Petunjuk Teknis Cara Bertanam Kentang di Dataran Medium. Lembang : Balithor
Badan Pusat Statistik. 2002. Tabanan dalam Angka. Provinsi Bali : BPS
Badan Pusat Statistik. 2003. Tabanan dalam Angka. Provinsi Bali : BPS
Rukmana, R. 1997. Kentang :Budidaya dan Pascapanen. Yogyakarta : Penerbit Kanisius
Rukmana, R.2002.Usaha Tani Kentang di dataran Medium. Yogyakarta : Penerbit kanisius.
Setiadi dan Surya Fitri N. 1993 Kentang varietas dan pembudidayaan. Jakarta : Penebar Swadaya
Sudiyono A. 2004 Pemasaran Pertanian. Malang : Penerbit Universitas Muhamadiyah Malang.
Sudiyono, A. 2004.Pemasaran Pertanian. Malang : Universitas Muhamadiyah.
Sunarjono, H. 1975. Budidaya Kentang. Jakarta : PT.Soeroengan.
Sunarjono, H. 1984. Kunci Bercocok Tanam Sayuran Kentang di Indonesia. Bandung : Massa Baru.
Supriatna A. 2005 Kinerja dan Prospek Pemasaran Komoditas Komoditi Mangga (Studi Kasus Petani Mangga di Provinsi Jawa Barat ). Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (SOCA), Volume 8 Nomor 1,Februari 2008.