SALURAN DAN MARJIN PEMASARAN KOMODITAS KENTANG (Studi Kasus di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan)

  • Ni Luh Putu Eka Martini Fakultas Pertanian Universitas Dwijendra
  • Anak Agung Gde Pushpha Fakultas Pertanian Universitas Dwijendra

Abstract

Penelitian ini berjudul “Saluran dan Marjin Pemasaran Komoditas Kentang di Desa Candikuning Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan†penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran dan marjin pemasaran komoditas kentang di Desa Candikuning Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara  purposive sampling (seluruh jumlah populasi diambil sebagai responden dengan metode Sensus sebanyak 50 Petani kentang. Analisis data menggunakan rumus marjin dan rumus farmer,s share.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat saluran pemasaran di Desa Candikuning Kecamatan Baturiti yaitu : Saluran I  : Petani àPedagang Pengepul à Pedagang Besar àPedagang PengeceràKonsumen. Saluran II : PetaniàPedagang PengepulàPedagang Pengecer àKonsumen. Saluran III  : Petani pedagang besaràPedagang PengeceràKonsumen. Saluran IV : PetaniàPedagang PengepulàKonsumen. Berdasarkan pengolahan data secara statistik maka didapatkan marjin pemasaran melalui saluran I sebesar Rp. 7.750,00, saluran II sebesar Rp. 7.500,00, saluran III sebesar Rp. 6,000,00 dan pada saluran ke IV yaitu Rp. 4.000,00. Dari 50 orang petani sebanyak 20 orang petani menjual kentang melalui saluran I, 15 orang melalui saluran II, 10 orang petani melalui saluran III dan hanya 5 orang yang melalui saluran IV.Kata kunci : saluran, marjin  pemarasan, kentang

References

Ashandhi, Azis Azinil. 1991. Petunjuk Teknis Cara Bertanam Kentang di Dataran Medium. Lembang : Balithor

Badan Pusat Statistik. 2002. Tabanan dalam Angka. Provinsi Bali : BPS

Badan Pusat Statistik. 2003. Tabanan dalam Angka. Provinsi Bali : BPS

Rukmana, R. 1997. Kentang :Budidaya dan Pascapanen. Yogyakarta : Penerbit Kanisius

Rukmana, R.2002.Usaha Tani Kentang di dataran Medium. Yogyakarta : Penerbit kanisius.

Setiadi dan Surya Fitri N. 1993 Kentang varietas dan pembudidayaan. Jakarta : Penebar Swadaya

Sudiyono A. 2004 Pemasaran Pertanian. Malang : Penerbit Universitas Muhamadiyah Malang.

Sudiyono, A. 2004.Pemasaran Pertanian. Malang : Universitas Muhamadiyah.

Sunarjono, H. 1975. Budidaya Kentang. Jakarta : PT.Soeroengan.

Sunarjono, H. 1984. Kunci Bercocok Tanam Sayuran Kentang di Indonesia. Bandung : Massa Baru.

Supriatna A. 2005 Kinerja dan Prospek Pemasaran Komoditas Komoditi Mangga (Studi Kasus Petani Mangga di Provinsi Jawa Barat ). Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (SOCA), Volume 8 Nomor 1,Februari 2008.

Published
2016-05-07
Section
Articles