KINERJA COORPORATE FARMING SAYURAN DATARAN TINGGI DAN UPAYA STRATEGIS UNTUK MENCAPAI OPTIMASI

  • Wayan Widyantara Fakultas Pertanian Universitas Udayana

Abstract

Artikel ini bertujuan menerangkan kinerja usahatani sayuran yang manajemennya berada dalam bentuk coorporate farming. Apakah manajemen usahatani yang berada dalam bentuk coorporate farming telah menghasilkan kinerja yang menghasilkan usahatani yang efisien dalam menggunakan biaya dan menghasilkan produk sayuran yang optimal dan kompetitif dipasar. Jika belum, usaha strategis apakah yang mungkin dapat dilakukan oleh manajer agar coorporate farming menjadi optimal dalam berproduksi. Ternyata coorporate farming telah berkinerja cukup baik, tetapi belum efisien dan belum mampu   berproduksi optimal. Oleh karena itu usaha strategis yang dapat dilakukan oleh manajemen adalah  meningkatkan produksi 1,5 – 2,0 kali lipat, dan menurunkan harga jual sebesar 25 % - 50%. Kecuali pada komoditi  selada. Komoditi ini telah diproduksi secara efisien dengan harga jual yang sangat kompetitif.Kata kunci : kinerja, corporate farming, efisiensi, dan strategi

References

Arsyad, Lyncolin.1993. Ekonomi Manajerial. Ekonomi Mikro Terapan. Edisi III. BPFE. Yogyakarta.

Gaspersz, Vincent .2000. Ekonomi Manajerial. Pembuatan Keputusan Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Hamidi, Himawan. 2004.Studi Model Kemitraan Yang Berkesinambungan Dan Efisiensi Teknologi Usahatani Tembakau Virginia Dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing di Pasar Global. Laporan Penelitian Hibah Bersaing XII/I Fak. Pertanian Univ. Mataram.

Mosher, A T .1971. To Create A Modern Agriculutre. Organizatio and Planing. Agricultural Development Council, Inc. New York.

Patong, Dahlan dan Soeharjo 1973. Sendi Sendi Pokok Ilmu Usahatani. Insitut Pertanian Bogor.

Semaoen, Iksan. 1992. Ekonomi Produksi Pertanian. Teori dan Aplikasi. ISEI. Jakarta.

Weber, Jean E .1991. Analisis Matematika. Penerapan Bisnis dan Ekonomi. Edisi ke IV. Alih Bahasa. Stephen Kakisina. Erlangga. Jakarta

Widyantara, Wayan .2005. Pertanian Menurut Pandangan Weda. dalam Revitalisasi Subak Dalam Memasuki Era Globalisasi. Editor. Gde Pitana dan Gde Setyawan. Peneribit Andi offset. Jogyakarta.

Published
2015-05-06
Section
Articles