SALURAN DAN MARJIN PEMASARAN TEMBAKAU RAKYAT: Kasus Subak Cengcengan, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar

  • Ketut Mudita

Abstract

There are four kinds of tobacco market channels in Subak of Cengcengan, Gianyar regency namely: (i) farmers-local traders-retailers-consumers; (ii) farmers-distributor -retailers-consumers; (iii) farmers-local traders-retailers-distributors-consumers; and (iv) farmers-retailers-consumers. Margin of market within first kind is Rp 8.583,33, and Rp 8,463.57, Rp 9,388.89,  Rp 5,000 within kind of the second, third and forth, respectively.The highest farmer’s share was found in the forth market channel, that is 85,71% and the lowest was in the third channel, that is 74,74%. This means that the most efficient is in the forth market channel.Key words: Tobacco, market channel, farmer’s share

References

Adisewojo, R.Sodo. Bercocok Tanam Tembakau. Cetakan Kelima. Penerbit Sumur Bandung. Bandung.

Anonimous. 2003. Panduan Penulisan Usulan Penelitian dan Skripsi. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Udayana, Denpasar.

Antara, Made. 2006. Bahan Ajar Metodelogi Penelitian Agribisnis. Program Magister Agribisnis Program Pascasarjana Universitas Udayana, Denpasar.

Anwar, Moch. Idochi. 1985. Dasar-dasar Marketing. Penerbit Alumni. Bandung.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Gianyar. 2008. Gianyar dalam Angka.

Badan Pusat Statistik Provinsi Bali. 2008. Bali dalam Angka.

Dinas Perkebunan Provinsi Bali. 2007. Statistik Perkebunan Bali.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Penerbit. Prenhallindo. Jakarta.

Kotler, Philip, Swee Hoon Ang, Siew Meng Leong, dan Chin Tiong Tan. 1996. Manajemen Pemasaran Perspektif Asia Buku 2. Diterjemahkan oleh Handoyo Prasetyo dan Hamin. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Manullang, M. 1996. Pengantar Ekonomi Perusahaan Edisi Revisi. Cetakan Ketujuhbelas. Penerbit Liberty. Yogyakarta.

Mubyarto. 1989. Pengantar Ekonomi Pertanian. Edisi Ketiga. Penerbit. LP3ES. Jakarta.

Padmo, Soegijanto dan Edhie Djatmiko. 1991. Tembakau Kajian Sosial Ekonomi. Penerbit Aditya Media. Yogyakarta.

Rahardi, F, Rina Niwan Setyowati, dan Iman Satyawibawa. 1993. Agribisnis Tanaman Perkebunan. Penerbit Penebar Swadaya. Jakarta.

Sudiyono, Armand. 2004. Pemasaran Pertanian. Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang. Malang.

Sumarni, Murti dan John Soeprihanto. 2000. Pengantar Bisnis (Dasar-dasar Ekonomi Perusahaan). Edisi Kelima. Penerbit Liberty. Yogyakarta.

Supriatna, Ade. 2005. Kinerja dan Prospek Pemasaran Komoditi Mangga (Studi Kasus Petani Mangga di Provinsi Jawa Barat). Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (SOCA), Volume 8 Nomor 1, Februari 2008, hal 20 – 27. Denpasar.

Published
2011-11-06
Section
Articles