ANALISIS STRATEGI PENANGANAN ANGSURAN KREDIT BERMASALAH PADA LPD DESA ADAT BEDHA

  • Pande Made Ari Ananta Paramarta Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian dan Bisnis, Universitas Dwijendra
  • Ni Ketut Karyati Program Studi Magister Penyuluhan Pertanian, Fakultas Pertanian dan Bisnis, Universitas Dwijendra
Keywords: Kredit Bermasalah, Faktor Internal, Faktor Eksternal, Strategi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor dan strategi penyelesaian kredit bermasalah di PT. Mandiri Utama Finance, Cabang Denpasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi dan wawancara kepada informan kunci. Analisi data yang di gunakan pada penelitian ini antara lain (1) data reduction; (2) data display; dan (3) conclusion drawing/verifying. Hasil dari penelitian ini adalah faktor internal terdiri dari kesalahan analisis data debitur oleh marketing dan adanya hubungan kekeluargaan dengan orang dalam perusahaan. Faktor eksternal terdiri dariĀ  penurunan pendapatan debitur dan karakter debitur yang buruk. Strategi yang dilakukan jika terjadi kredit bermasalah di PT. MUF Denpasar adalah melakukan negosisasi agar debitur memberikan jaminan dari kredit dengan baik untuk melunasi hutang pokok dan bunga. Jika upaya negosiasi gagal maka akan di tempuh jalur hukum. Adapun saran dari penelitian ini adalah agar PT. MUF dapat memilih karyawan yang memiliki integritas dan kejujura yang baik serta karyawan diharapkan selalu mengedepankan profesionalitas dalam pekerjaannya.

References

Afreyani, Andika Putra. 2010. Analisis Penyelesaian Kredit Bermasalah Pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Prima Mulia Anugrah Cabang Padang. Jurnal Akedemi Keuangan Dan Perbankan.
Andri suriyani kusuma, komang, dkk. 2016. Analisis kredit macet pada KPN satya bakti kecamatan jembrana kabupaten jembrana. Jurnal program studi agribisnis. Vol. 5, no. 1, januari 2016.
Bahri, Syamsul. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Berbasis SEM- Amos.Yogyakarta: Deepublish.
Bayuaji, gilang. 2017. Pelaksanan penyelesaian kredit macet yang di ikat dengan hak tanggungan di PT Bank tabungan pensiunan nasional mitra usaha rakyat cabang tegal. Vol. 4. No. 1, maret 2017
Cetakan Ketiga. Bandung: CV. Alfabeta.
Chosyali, achmad. 2019. Optimalisasi peningkatan kwalitas kredit dalam rangka mengatasi kredit bermasalah. Jurnal fakultas hukum. Volume 15, nomor 1, tahun 2019.
Dahlan Siamat. 2005. Manajemen Lembaga Keuangan. Kebijakan Moneter dan Perbankan. Edisi kelima, Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Dahlan, Siamat. 2001. Manajemen Lembaga Keuangan. Jakarta : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Dahlan Siamat. 2001. Manajemen Lembaga Keuangan. Jakarta : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Dahlan, Siamat. 2001. Manajemen Lembaga Keuangan. Jakarta : lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Dendawijaya. 2001.
Manajemen Perbankan. Jakarta ; Ghalia Indonesia.
Fauzi. Achmad. 2015. Kredit Macet, NPL dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Perusahaan Pada Perusahaan Pembiyaan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis. Volume 2, No 1 edisi Januari 2018 (ISSN 2615-0425).Mardikanto, Totok, 2009. Sistem Penyuluhan Pertanian. Universitas Sebelas. Maret Surakarta. 467 Hal.Press
Pusluhtan, 2002. Dinamika Kelompok Tani. Bumi Aksara, Jakarta.
Sukino. 2013. Membangun Pertanian dengan Pemberdayaan Masyarakat Tani (Terobosan Menanggulangi Kemiskinan). Pustaka Baru Press Yogyakarta.
Soetriono, dkk. 2006. Pengantar Ilmu Pertanian Agraris, Agrobisnis, dan Industri Malang : Bayumedia Publishing.
Published
2024-05-07
Section
Articles