PERAN KELOMPOK TANI DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS USAHATANI PADI SAWAH (Di Kelompok Tani Pepa Innu Desa Raba Ege Kecamatan Wewewa Barat Kabupaten Sumba Barat Daya)

  • Susanti Kalli Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian dan Bisnis, Universitas Dwijendra
  • Ni Nengah Yastini Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian dan Bisnis, Universitas Dwijendra
Keywords: Peran, Kelompok Tani, Padi Sawah

Abstract

Sektor pertanian merupakan sektor utama yang memberikan nilai tambah pembangunan, selain memiliki peranan penting bagi sumber pendapatan petani untuk meningkatkan kesejahteraan petani.  Salah satu program untuk meningkatkan kesejahteraan petani yaitu peran kelompok tani.  Tujuan pembangunan pertanian bukan saja untuk meningkatkan produksi pertanian dalam memenuhi kebutuhan pangan, melainkan juga untuk meningkatkan pendapatan rakyat dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarkat pedesaan. Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui peran kelompok tani dalam meningkatkan hasil produksi padi sawah Di Desa Raba Ege, Kecamatan Wewewa Barat, Kabupaten Sumba Barat Daya; (2)  untuk mengetahui kendala-kendala kelompok tani dalam meningkatkan produksivitas usahatani padi sawah Di Desa Raba Ege, Kecamatan Wewewa Barat, Kabupaten Sumba Barat Daya.  Penelitian ini dilaksanakan di Di Desa Raba Ege, Kecamatan Wewewa Barat, Kabupaten Sumba Barat Daya. Pemilihan lokasinya dilakukan secara sengaja  (purpusive) berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu.  Jumlah petani responden dalam penelitian ini sebanyak 27 orang petani. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik kuesioner, wawancara, dan  observasi.  Data yang terkumpul dianalisis dengan deskriktif. Hasil penelitian yang didapat bahwa : (1). Peran kelompok tani  meningkatkan hasil produksi padi sawah yaitu : (a). memberikan peran sangat penting dalam meningkatkan kinerja petani dengan perubahan para petani kearah yang lebih baik dalam mengelola usahatani  padi sawah;  (b). Dengan adanya kelas belajar yang menambah pengetahuan petani; (c); Wahana  kerja sama membangun gotong royong dan unit produksi yang membantu pembiyayaan usaha tani padi sawah;  (d).  Peran unit  produksi pertanian, seperti alat mesin pertanian memberikan kontribusi yang baik terhadap produksi padi sawah. (2). Kendala-kendala yang dihadapi oleh kelompok tani dalam meningkatkan produksi usahatani padi sawah di Desa Raba Ega Kecamatan Wewewa Barat, Kabupaten Sumba Barat Daya adalah : (a). kurangnya fasilitas produksi pertanian; (b). kurangnya penerapan teknologi panca usaha tani; (c). tidak adanya kerjasama dengan lembaga pemerintah atau KUD.

References

Azzam Asfiansyah Hakam. 2014. Peran Kelompok Tani Terhadap Usaha Peningkatan Pendapatan Anggota Melalui Program Kemitraan Usahatani: Studi kasus kelompok Tani “ Sri Mulyo” Kecamatan Sukun, Kota Malang.
Anonim. 2010. Peranan Penyuluh Pertanian . Media jejaring social yang dapat dilihat http://id Wikipedia.org/wiki/padi/skripsi-peran -penyuluh-pertanian.dalam .html. Di akses pada tanggal 17 November 2018.
Arikunto, Suharsimi. Badan Pusat Statistik , Klasifikasi Buku Lapangan Usaha tani Statisitik Pertanian Provinsi Nusa Tenggara Timur, 2019.
Erwandi, Doli. 2012. Peran Penyuluh Pertanian dalam Mengaktifkan Kelompok Tani di Kecamatan Lubuk Alung. Universitas Andalas. Padang. 113 Hal.
Hakam, A. 2014. Peran Kelompok Tani Terhadap Usaha Peningkatan Pendapatan Anggota melalui Program Kemitraan Usahatani. Jurnal Ilmiah. Malang
Kartasapoetra, G.1994. Teknologi Penyuluhan Pertanian. Bumi aksara. Jakarta.
Mardikanto, Totok, 2009. Sistem Penyuluhan Pertanian. Universitas Sebelas. Maret Surakarta. 467 Hal.Press
Pusluhtan, 2002. Dinamika Kelompok Tani. Bumi Aksara, Jakarta.
Sukino. 2013. Membangun Pertanian dengan Pemberdayaan Masyarakat Tani (Terobosan Menanggulangi Kemiskinan). Pustaka Baru Press Yogyakarta.
Soetriono, dkk. 2006. Pengantar Ilmu Pertanian Agraris, Agrobisnis, dan Industri Malang : Bayumedia Publishing.
Published
2024-05-07
Section
Articles