FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KOI COFFEE & RESTO DI TABANAN

  • I G. A. N. Alit Sumantri Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Nasional
  • Ni Wayan Suryathi Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Nasional
  • I Nyoman Gede Arya Dyatmika Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Nasional
  • Ida Ayu Komang Suryati Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Nasional
  • Gd. Ngurah Indra Arya Aditya Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Nasional
  • I Komang Dimas Candra Nugraha Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Nasional
Keywords: Digital Marketing, Food Quality, Price, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian pada Koi Coffee & Resto di Tabanan. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 99 orang. Teknik analisis data menggunakan Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji Asumsi Klasik, Anaisis Regresi Linier Berganda, Uji Koefisien Deaterminasi, Uji F dan Uji t. Dari hasil penelitian diperoleh hasil bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian pada Koi Coffee & Resto di Tabanan adalah digital marketing, food quality, dan price semuanya berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Saran yang dapat diberikan kepada Koi Coffee & Resto Tabanan hendaknya lebih meningkatkan promosi melalui media digital tetap menjaga kualitas produk, serta menjual dengan harga yang terjangkau oleh  konsumen Koi Coffee & Resto Tabanan agar sesuai dengan manfaat yang dirasakan konsumen.

References

Ahmad Syifaq Mushoff, U. M. D. F. (2023). Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Di Lawang Coffee, Jurnal Economina Volume 2, Nomor 8, Agustus 2023.

Andi Sultan Agung, Asdi, M. H. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Kopi (Studi Pada Warkop Bundu Balai Aroeppala di Kota Makassar). Jurnal Ilmiah Bongaya (JIB) Juni 2023 Vol 7 No.1ISSN 1907-5480, 9(1), 104–112. https://doi.org/10.37606/publik.v9i1.256.

Bania, A. R. L. (2018). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Konsumen Kopi (Kasus: Konsumen Kedai Kopi Modern di Kota Padangsidimpuan). Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara: Medan.

Budiyanto, R. R. dan. (2023). Pengaruh Harga, Ulasan Produk Dan Metode Pembayaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada Market Placeshopee (Studi Kasus Kepada Konsumen Shopee di Surabaya). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen : Volume 12, Nomor 6, Juni 2023, 1–31.

Chaffey, D., & Chadwick, E. (2016). Digital Marketing, Sixth Edition. United Kingdom: Pearson Education Limited.

Dewi, R. dan D. A. W. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek HP di Sampit. Jurnal Kajian Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 1(1). 61-65.

Ernawati, M. F. S. (2020). Pengaruh Food Quality terhadap Keputusan Pembelian Ayam Geprek Mba Ida. Jurnal Brand, Volume 2 No. 2, Desember 2020 https:// Ejournals. Umma.Ac.Id/Index.Php/Brande-ISSN : 271, 2023.

Iin, M., Fathurrahman, F., & Khatman, M. N. (2023). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembeli Minuman Yotta di Samata Kabupaten Gowa. Transformasi Manageria: Journal of Islamic Education Management, 3(2), 291–310.

Imam, G. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Semarang : Penerbit Universitas Diponogoro, 1–10.

Kotler, P., & G. A. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1, Edisi Keduabelas. Jakarta: Erlangga.

Kouwagam, A. M., Nasir, Y. A., & Alimudin, A. (2022). Factors Affecting Consumer Interest in Shopping at Mangga 2 Traditional Market Surabaya. 05(06), 1123–1129.

Kuncoro, M. (2009). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Edisi 3. Penerbit Erlangga., 1(1), 68–80.

Laisina, N. J. M., & Fairliantina, E. (2022). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga dan brand image terhadap keputusan membeli di kopi kenangan pasar minggu. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(4), 180–189.

Lily Purwianti, Andrew, Conny Agustin, Seren, Y. E. (2023). Pengaruh Price, Service Quality, Food Quality, Dan E-Wom Terhadap Purchase Intention Steakjobs Di Kota Batam. Economics and Digital Business Review, Volume 4 Issue 2 (2023) Pages 202 - 219, ISSN : 2774-2563 (Online), 2023.

Perindustrian., K. (2019). Industri Pengolaha Kopi Semakin Prospektif. Jakarta: Siaran Pers. https:// kemenperin. go.id/artikel/21117/Industri-Pengolahan-Kopi-Semakin-Prospektif diakses pada tanggal 4 Januari 2020.

Rahmawaty, F., & Solihin, D. (2023). Pengaruh Promosi Penjualan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Faw Coffee Victor Kota Tanggerang Selatan. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 3(1), 69–80. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JISM.

Reika Pramita Ni Made, I Ketut Suamba, D. P. D. (2022). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Pemilihan Kedai Kopi di Kota Denpasar, Jurnal Agribisnis dan Agrowisata ISSN: 2685-3809Vol. 11, No. 1, Juli 2022, DOI: https://doi.org/10.24843/JAA.2022.v11.i01.p31.

Rika Hubbina, Agustina Mutia, M. P. (2023). Pengaruh Digital Marketing, Desain Produk, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Distro Kedai Oblong Jambi). Journal of Student Research (JSR) Vol.1, No.5 September 2023 e-ISSN: 2963-9697; p-ISSN: 2963-9859, Hal 459-475 DOI: Https:// Doi.Org/ 10.55606/Jsr.V1i5, 23(4), 648–657. https://doi.org/10.30872/jfor.v23i4.10111.

Siregar, S. (2014). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sofina Izzatin Maftokah, Sri Lestari, Dewi Wulandari, M. H. Z. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian. Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 7Nomor 2Tahun 2023, Halaman 18062-18070, 1(4), 180–188.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 191370027.

Zahra, R. R., & Sulaeman, E. (2023). Pengaruh Digital Marketing dan Brand Loyalty Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen @Scarlett_Whitening di Instagram. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Januari 2023, 9 (2), 485-493 DOI: Https:// Doi. Org/10.5281/Zenodo.7581230. p-ISSN: 2622-8327 e-ISSN: 2089-5364, 2023.
Published
2023-11-06
Section
Articles