BAURAN PEMASARAN TANAMAN HIAS DI UD. CAHAYA DI DESA KESIMAN KECAMATAN DENPASAR TIMUR KOTA DENPASAR
Keywords:
Bauran, Pemasaran, Tanaman Hias, Harga, Promosi
Abstract
Tanaman hias merupakan tanaman yang mempunyai nilai keindahan dan daya tarik tertentu. Karena mengandung nilai ekonomis , tanaman hias dapat diusahakan menjadi suatu bisnis yang keuntungan sangat besar. Melihat peluang pasar yang sangat langkah , yang perlu diperhatikan dalam mengusahakan bisnis ini diantaranya dengan menerapkan bauran pemasaran.Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bauran pemasaran tanaman hias dan kendala-kendala apa yang dihadapi di UD. Cahaya yang bertempat di Desa Kesiman, Kecamatan Denpasar Timur, Kota Denpasar. Penelitian ini dilakukan di UD.Cahaya. Penentuan lokasi penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua karyawan UD.Cahaya yang berjumlah 6 orang yang seluruh diambil sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara,dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk yang dipasarkan oleh UD.Cahaya adalah tanaman hias berbagai jenis dan harga yang berbeda sesuai harga tanamannya. Pemasaran tanaman hias dilakukan secara langsung di UD.Cahaya, tidak menggunakan media promosi dimana pembeli datang langsung ke UD.Cahaya. Konsumen tanaman hias mencakup beberapa hotel, perumahan, pemerintah, konsumen individu dan lain lain. Kendala-kendala yang dihadapi UD cahaya dalam bauran produk tanaman hias yang dipasok dari daerah Jakarta, Jawa Timur dan Jawa Barat mengalami kerusakan yang berpengaruh pada harga jualnya.References
Ariyanti (2008). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Karyawan pada Bank Tabungan Pensiunan Nasional Cabang Magelang.
Angipora, M.P. 2002. Dasar-dasar Pemasaran. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta
Darmawan dan Widia. 1999. (Online) Strategi Pt.Nanda Bangun Nusa Untuk Mempertahankan Posisinya Sebagai Market Leader Dalam Agribisnis Pertanaman Pada Hotel Berbintang Lima
Nitisemito, Alek S 1981. Marketing Ghalia Indonesia : Jakarta.
Rahardi, F. 2000. Agribisnis Tanaman Sayur. Penebar Swadaya. Jakarta
Angipora, M.P. 2002. Dasar-dasar Pemasaran. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta
Darmawan dan Widia. 1999. (Online) Strategi Pt.Nanda Bangun Nusa Untuk Mempertahankan Posisinya Sebagai Market Leader Dalam Agribisnis Pertanaman Pada Hotel Berbintang Lima
Nitisemito, Alek S 1981. Marketing Ghalia Indonesia : Jakarta.
Rahardi, F. 2000. Agribisnis Tanaman Sayur. Penebar Swadaya. Jakarta