BAURAN PEMASARAN TANAMAN HIAS DI UD. CAHAYA DI DESA KESIMAN KECAMATAN DENPASAR TIMUR KOTA DENPASAR

  • Lede Seingu Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian dan Bisnis, Universitas Dwijendra
Keywords: Bauran, Pemasaran, Tanaman Hias, Harga, Promosi

Abstract

Tanaman  hias  merupakan  tanaman yang mempunyai nilai keindahan dan daya tarik  tertentu. Karena  mengandung nilai  ekonomis , tanaman    hias dapat diusahakan menjadi suatu bisnis yang  keuntungan sangat  besar. Melihat  peluang  pasar yang sangat langkah , yang perlu diperhatikan dalam mengusahakan bisnis  ini  diantaranya  dengan  menerapkan bauran  pemasaran.Penelitian ini memiliki tujuan  untuk mengetahui bauran pemasaran tanaman hias dan kendala-kendala apa yang dihadapi di UD. Cahaya yang bertempat di Desa Kesiman, Kecamatan Denpasar Timur, Kota Denpasar. Penelitian ini dilakukan di UD.Cahaya. Penentuan lokasi penelitian  dilakukan dengan teknik purposive sampling.  Populasi dalam penelitian ini yaitu semua karyawan UD.Cahaya yang berjumlah 6 orang yang seluruh  diambil sebagai  sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara,dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk yang dipasarkan oleh UD.Cahaya adalah tanaman hias berbagai jenis dan harga yang berbeda sesuai harga tanamannya. Pemasaran tanaman hias dilakukan secara langsung di UD.Cahaya, tidak menggunakan media promosi dimana pembeli datang langsung ke UD.Cahaya. Konsumen tanaman hias mencakup beberapa hotel, perumahan, pemerintah, konsumen individu dan lain lain. Kendala-kendala yang dihadapi UD cahaya  dalam bauran produk tanaman hias yang dipasok dari daerah Jakarta, Jawa Timur dan Jawa Barat mengalami kerusakan yang berpengaruh pada harga jualnya.

References

Ariyanti (2008). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Karyawan pada Bank Tabungan Pensiunan Nasional Cabang Magelang.
Angipora, M.P. 2002. Dasar-dasar Pemasaran. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta
Darmawan dan Widia. 1999. (Online) Strategi Pt.Nanda Bangun Nusa Untuk Mempertahankan Posisinya Sebagai Market Leader Dalam Agribisnis Pertanaman Pada Hotel Berbintang Lima
Nitisemito, Alek S 1981. Marketing Ghalia Indonesia : Jakarta.
Rahardi, F. 2000. Agribisnis Tanaman Sayur. Penebar Swadaya. Jakarta
Published
2023-05-05
Section
Articles