PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN DAGING AYAM KAMPUNG DI KABUPATEN PESAWARAN

  • Adelia Dwi Fahnaz Program Studi Agribisnis Pangan, Jurusan Ekonomi dan Bisnis, Politeknik Negeri Lampung
  • Fadila Marga Saty Program Studi Agribisnis Pangan, Jurusan Ekonomi dan Bisnis, Politeknik Negeri Lampung
  • Teguh Budi Trisnanto Program Studi Agribisnis Pangan, Jurusan Ekonomi dan Bisnis, Politeknik Negeri Lampung
Keywords: Ayam kampung, pengambilan keputusan, keputusan konsumen

Abstract

Berbagai jenis dasar pertimbangan masyarakat menjadi alasan untuk melakukan pengambilan keputusan terhadap pembelian ayam kampung. Tujuan..penelitian ini yaitu mengidentifikasi persepsi konsumen, menganalisis proses pengambilan keputusan dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan konsumen dalam membeli daging ayam kampung di Kabupaten Pesawaran. Metode yang digunakan dalam pengumpulan sampel adalah purposive sampling. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, dan regresi logistik. Hasil penelitian adalah persepsi tidak setuju dengan nilai rata-rata 0,95 persen, setuju dengan nilai rata-rata sebesar 58,57 persen dan sangat setuju dengan nilai rata-rata sebesar 40,47 persen. Keputusan konsumen daging ayam kampung tinggi protein, mudah didapatkan, kandungan gizi, kualitas ayam, kebiasaan yang dilakukan, terencana, harga produk, puas, tetap membeli jika harga naik, pedagang yang terletak didalam pasar dan tidak langsung diolah. Faktor yang berpengaruh yaitu pendapatan dan jumlah anggota keluarga.

References

Amelia, D. P., Purnomo, S. H., dan Sudiyono, S. (2018). Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Daging Ayam Kampung di Pasar Tradisional Kota Surakarta. Sains Peternakan, 16(1), 23. https://doi.org/10.20961/sainspet.v16i1.18638.
Astati, A., Hidayat, M. N., dan Alim, A. (2019). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Ayam Broiler dan Ayam Buras di Desa Gareccing Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai. Jurnal Ilmu Dan Industri Peternakan (Journal of Animal Husbandry Science and Industry), 4(1), 10. https://doi.org/10.24252/jiip.v4i1.9814
Burhanudin, A. (2011). Analisis Perilaku Konsumen Pada Pembelian Daging Ayam Ras (Broiler Chicken) Di Pasar Traditional Dan Pasar Modern Kota Jember. [Skripsi]. Jember : Badan Penerbit Universitas Jember.
Fauzi, N. A., dan Wijaya, W. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Daging Ayam Broiler Di Pasar Celancang. Agrijati Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Pertanian, 34. http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/agrijati/article/download/4848/2264
Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta : Deepublish.
Fitri, W. (2020). Implikasi Yuridis Penetapan Status Bencana Nasional Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Terhadap Perbuatan Hukum Keperdataan. Jurnal Kajian Ilmu Hukum, 9.
Hasriani, Arifin, dan Pata, A. A. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Ayam Kampung Di Kabupaten Maros. Journal of Agribusiness, 13(1), 39–56.
Mujayin, Y., dan Arafah. (2020). Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Daging Ayam Potong di Pasar Tradisional Kabupaten Donggala (Studi Kasus Pasar Ganti). Arafah dan Mujayin / J. Agrisains, 21(2), 87–96. https://ejurnal.fapetkan.untad.ac.id/index.php/agrisains
Oskar, B., Darus, H. M. M. B., dan Iskandarini. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Mengkonsumsi Daging Ayam Kampung Di Kota Medan (Studi Kasus : Pasar Sambas , Medan). Journal Of Agriculture and Agribusiness Socioeconomics.
Putra, I Gusti Ngurah Yuri, Sudarma, M., dan Wulandira Sdj, A. A. A. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Masyarakat Membeli Daging Ayam Boiler di Kabupaten Bangli. 4(1). http://ojs.unud.ac.id/index.php/JAA
Ridha, A. (2017). Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Daging Ayam Broiler Pada Rumah Tangga Di Kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur. EKONOMIKAWAN: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 17(1), 23–31. https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v17i1.1175.
Saty, F. M., Apriyani, M., & Supriyatna, A. R. (2018). Persepsi Pelaku UMKM Terhadap Penerapan e-Bisnis Pertanian di Bandar Lampung. http://jurnal.polinela.ac.id/index.php/PROSIDING
Sianturi, W., Hasyim, A., dan Situmorang, S. (2016). Sikap Dan Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Membeli Ayam Potong Di Kota Bandar Lampung. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 4(4), 100683.
Simarmata, L., Osak, R. E. M. ., Endoh, E. K. ., dan Oroh, F. N. . (2019). Analisis Preferensi Konsumen Dalam Membeli Daging Broiler Di Pasar Tradisional Kota Manado (Studi Kasus “Pasar Pinasungkulan Karombasan”). Zootec, 39(2), 194–202.
Published
2023-05-05
Section
Articles