DAMPAK PENGGUNAAN SELEBGRAM DAN SOSIAL MEDIA MARKETING TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI SAMMA KOPI TABANAN

  • I Gusti Agung Ayu Pramita Indraswari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikian Nasional
  • Ni Wayan Suryathi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Nasional
  • I G. A. N. Alit Sumantri Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Nasional
  • I Ketut Sudama Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Nasional
  • I Gde Agoes Caskara Surya Putra Fakultas Bahasa Inggris, Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gede Roy Abdi Gunawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Nasional
Keywords: Selebgram, Sosial Media Marketing, Minat Beli

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak penggunaan selebgram dan sosial media marketing terhadap minat beli konsumen di Samma kopi Tabanan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen kedai kopi “Samma Kopi”. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 65 orang. Jenis datanya terdiri dari data kuantitatif, sumber datanya adalah data primer dan sekuner. Teknik pengumpulan data melalui kuisioner. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif yakni menggunakan analisis data dengan  SPSS versi 26 for Windows yang meliputi 1) regresi linier berganda, 2) Uji signifikansi regresi secara parsial (Uji t), 3) Uji signifikansi regresi secara simultan (Uji F), 4) Analisis koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa secara parsial selebgram memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen di Samma Kopi Tabanan. Sosial media marketing memiliki pengaruh positif signifikan terhadap minat beli konsumen di Samma Kopi Tabanan. Secara Bersama-sama selebgram dan sosial media marketing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen di Samma Kopi Tabanan.

References

Adis Fransiska Romadhona, (2022), Pengaruh Selebgram Endorsement Dan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Produk Make Over (Studi Kasus Pada Remaja di Kota Malang). Malang: Program Studi Manajemen Universitas Islam Malang.
Agung Satria Sanjaya, (2020), Pengaruh Dimensi Social Media Marketing Terhadap Minat Beli Climatethirty, PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up BisnisVolume 5, Nomor 4, Oktober 2020.
Arwin, A., Yuliana, Y., & Elika, E. (2021). Dampak Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus pada PT Teguh Jaya Mandiri): Impact of Leadership and Work Environment on Employee Performance (Case Study at PT Teguh Jaya Mandiri). BISMA Cendekia, 1(2), 60–66., 1(2), 71–83. https:// doi. org/ 10.31334/abiwara.v1i2.795.
Dataindonesia.id, https://dataindonesia.id/Digital/detail/pengguna-instagram-indonesia-terbesar-keempat-di-dunia.9 (diakses, Nopember 2022).
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hair, J. F. (2009). Multivariate Data Analysis. Prentice Hall.
Heny Herawati, (2020). Pengaruh Iklan Media Sosial Instagram Dan Celebrity Endorser (Selebgram) Terhadap Minat Beli (studi kasus pada toko online shop Keripik pisang coklat Krispbo.id ). Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, Vol 6 No 1.
https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022.
Lius, W., Mediyanti, S., Siahaan, R. F. B. R., & Utama, T. (2022). Analisis Penyusunan Anggaran Pada CV. Buana Raya Medan. Jurnal Ilmiah Simantek, 3(1)., 2022.
Muhamad Alvi Irpansyah, Asep M. Ramdan, R. D. M. D. (2019). Kredibilitas Dan Kekuatan Selebgram Dalam Meningkatkan Minat Beli Pada Toko Online Di Instagram. COSTING:Journal of Economic, Business and AccountingVolume 2 Nomor 2, Juni 2019e-ISSN : 2597-5234, 8(1), 260–273.
Retno Sary, (2020), Pengaruh Selebgram Endorsment Terhadap Minat Pembelian Pada Online Shop Melalui Media Sosial Instagram Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Followers Instagram), Lampung: Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Raden Intan.
Roy Abdi Gunawan I Gede, 2022, Pengaruh Selebgram dan Sosial Media Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen di Samma Kopi Tabanan, Denpasar: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Nasional.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta., 1–5.
Yohandi, S., , Yuliana Yuliana, A. A., Lisa, L., & Ivone, I. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Minat Beli Di Fortunate Coffee Cemara Asri Deli Serdang. SOSMANIORA (Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora) Vol. 1 No. 2 (2022) 182 – 186, 3(3), 210–216.
Yuliana, Y., Arwin, A., Supriyanto Supriyanto, D. A., & Siemin, E. (2020). A Study on the Challenges of Organisational Learning in Perguruan Tinggi Cendana, Medan-Indonesia. ICASI 2020: Proceedings of the 3rd International Conference on Advance & Scientific Innovation, ICASI 2020, 20 June 2020, Medan, Indonesia, 129., 1(1), 46–56. https://doi.org/10.37304/jem.v1i1.1205.
Published
2022-11-07
Section
Articles