FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SATU TITIK KOPI DENPASAR

  • Ida Ayu Komang Suryati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikian Nasional
  • Ni Ketut Karyati Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian dan Bisnis, Universitas Dwijendra
  • Gd. Ngurah Indra Arya Aditya Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Nasional
  • Anak Agung Ayu Rai Wahyuni Program Ilmu Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya Unud- Bali
  • I Nyoman Gede Arya Diatmika Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Nasional
  • I Putu Krisna Pramana Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pendidikan Nasional
Keywords: Social Media Marketing, Kualitas Pelayanan, Store Atmosphere, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi  keputusan pembelian di Datu Titik Kopi Denpasar. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 133 orang. Teknik analisis data menggunakan Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji Asumsi Klasik, Anaisis Regresi Linier Berganda, Uji Koefisien Deaterminasi, Uji F dan Uji t. Dari hasil penelitian diperoleh hasil social media marketing berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, store atmosphere berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian dan social media marketing, kualitas pelayanan dan store atmosphere berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Besarnya pengaruh variabel bebas terhadap keputusan pembelian adalah 64,3. Saran yang dapat diberikan  diharapkan dalam melakukan promosi di sosial media informasi harus jelas dan lengkap, dan akurat. Desain ruangan harus lebih menarik dan nyaman.

References

Arif, M. (2018). Pengaruh Store Atmosfer, Lokasi dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Di Soban Cafe Medan. Pengaruh Harga Diskon dan Persepsi Produk Terhadap Nilai Belanja Serta Perilaku Pembelian Konsumen.
Arjunita, I., Lapian, S. L. H. V. J., & Lumantow, R. Y. (2021). Pengaruh Viral Marketing, Store Atmosphere, dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kopi Tuya Manado. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 9(3), 437–446. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/viewFile/34756/32603.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ariyanto, A., Nuryani, A., & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Store Atmosphere dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart Bsd Tangerang Selatan. Jurnal Ekonomi Efektif.
Chan, F., Kurniawan, A. R., Kalila, S., Amalia, F., Apriliani, D., & Herdana, S. V. (2019). the Impact of Bullying on the Confidence of Elementary School Student. Jurnal Pendas Mahakam, 4 (2), 152–157. https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/ pendasmahakam/article/download/347/220.
Dewi, N. M. P., Imbayani, G. A., & Ribek, P. K. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi E-Word of Mouth Pada Givanda Store Denpasar. Jurnal Emas.
Erlangga, H., Nurjaya, N., Sunarsi, D., Mas’adi, M., & Jasmani, J. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Honda Di PT Panca Sakti Perkasa Di Bintaro. Jurnal Ilmiah Perkusi.
Fauzi, A., Punia, I. N., & Kamajaya, G. (2017). Budaya nongkrong anak muda di Kafe (tinjauan gaya hidup anak muda di Kota Denpasar). Jurnal Ilmiah Sosiologi (SOROT).
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Vol. 8). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Husfah, F. M., & Hadi, M. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Dea Cake And Bakery Kepanjen Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis.
Muslihah, F. (2019). Pengaruh Social Media Marketing Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Dalam Pandangan Islam (Studi kasus pada mahasiswa FEBI UIN Raden Intan Lampung angkatan 2014-2016. Doctoral Dissertation, UIN Raden Intan Lampung.
Nurjaya, N., Erlangga, H., Jasmani, J., Sunarsi, D., Rifuddin, B., & Mujahidin, M. (2020). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Starbucks Di Wilayah Cianjur. Jurnal Ekonomi Efektif.
Prasetya, E. G. (2018). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Administrasi, Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Konsentrasi Pemasaran Malang 2018, 14(1), 1–6.
Ria Siti Aisyah, M. T. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Dengan Kepuasan Pelanggan di Restoran Joe’s Grill Swiss Bell-Hotel Mangga Besar. JESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, Vol. 25 No. 2, 2022, 11(1), 1–7.
Santoso, A. R., Zunaida, D., & Hardati, R. N. (2022). Pengaruh Promosi dan Store Atmosphere Terhadap Minat Beli. Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis (JIAGABI).
Subhannallah, M. R. (2019). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Miniso Yogyakarta (Skripsi, Fakultas Ekonomi). Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Negeri. Yogyakarta.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 191370027.
Tarigan, R. J. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Online di Shopee Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (Doctoral Dissertation).
Widyaningrum, P. W. (2017). Pengaruh Label Halal dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Wardah di Ponorogo). Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia (JESI).
Wulandari, R. (2020). Pengaruh Lokasi, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Pegawai Terhadap Keputusan Pembelian Di Pusat Perbelanjaan. IQTISHADequity Jurnal Manajemen.
Published
2022-11-07
Section
Articles