ANALISIS EFISIENSI SALURAN PEMASARAN WORTEL PADA KELOMPOK TANI AGROWIRA NADIA DI DESA PANCASARI, KECAMATAN SUKASADA, KABUPATEN BULELENG

  • I Gusti Agung Nyoman Dananjaya Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian dan Bisnis, Universitas Dwijendra
Keywords: Efisiensi, Saluran Pemasaran, Wortel

Abstract

Pembangunan pertanian tanaman pangan pada hakekatnya merupakan suatu upaya untuk secara terus menerus mencari peluang meningkatkan produksi pangan, salah satu cara meningkatkan produksi tanaman pangan (sayur) adalah dengan cara menerapkan teknologi pertanian yang terus berkembang. Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis saluran pemasaran dan marjin pemasaran pada Kelompok Tani Agrowira Nadia di Desa Pancasari. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh anggota Kelompok Tani Agrowira Nadia yang berjumlah 21 orang sehingga teknik pengambilan responden dengan metode sensus. Analisis data yang diguanakan adalah analisis saluran dan marjin pemasaran. Berdasarkan Hasil penelitian terdapat dua saluran pemasaran wortel  pada Kelompok Tani Agrowira Nadia di Desa Pancasari saluran pertama petani produsen, ke kelompok STA, ke pedagang pengecer, dan Konsumen. Saluran kedua Petani Produsen, ke Pedagang Pengumpul, Ke Kelompok STA, ke pengecer, dan konsumen. Marjin pemasaran pada saluran pertama sebesar Rp. 4.500,00 dan saluran kedua sebesar Rp. 6.500,00. Adapun saran dari penelitian ini yaitu peran penyuluh sangat diperlukan untuk melatih petani dalam berusahatani wortel agar hasil produksinya bisa maksimal. Pemerintah Kabupaten Buleleng perlu memberikan bantuan berupa dana kredit kepada petani untuk membantu guna memperlancar pemasaran wortel.

References

Anonim. 2021. “Data Profil Desa Pancasari”.
Cahyono, B. (2002) Wortel Teknik Budi Daya dan Analisis Usaha Tani. Kanisius. Yogyakarta.
Dananjaya, I. G. A. N. (2021) Faktor Internal dan Eksternal Pemasaran Tanaman Hias Calathea Silver (calathea sp) pada CV. Dewata Indah. Jurnal dwijenAGRO. Vol. 11. No. 2.
Nitisemito, A. S. (1991). Marketing. Ghalia Indonesia, Jakarta.
Rukmana, R. (1995). Bertanam wortel. PT Kanisius, Yogyakarta.
Sedana, G. I G.A.A.Ambarawati, and W. Windia. (2014). Strengthening Social Capital for Agricultural Development: Lessons from Guama, Bali, Indonesia. Asian Journal of Agriculture and Development. Vol.11 No.2:39-50.
Sedana, G. and N.D. Astawa. (2016). Panca Datu Partnership in Support of Inclusive Business for Coffee Development:The Case of Ngada District, Province of Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Asian Journal of Agriculture and Development, Vol. 13, No.2: 75-98.
Sedana, G. (2020). Benefits of farmers' cooperative to rice farming activity: case of Subak's cooperative in Guama, Tabanan District, Bali province. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, Volume 484 (2020):012134.
Sedana, G. and A. Rahmat. (2020). Alternative Policies to Strengthen the Traditional Irrigation System for Supporting the Food Security Program: Case of The Subaks’ System in Bali, Indonesia. International Journal of Advanced Science And Technology, Vol. 29, No. 7s: 973-984
Suparta, N. 2005. Pendekatan Holistik Mambangun Agribisnis.Cetakan I, Juni 2005. Denpasar: CV Bali Media Adhikarsa.
Yastini, N. N. 2020. Saluran Pemasaran Bawang Merah Pada Kelompok Tani Sukasari Di Desa Belandingan Kecamatan, Kintamani Kabupaten Bangli. Jurnal dwijenAGRO. Vol. 10. No. 2.
Published
2022-11-07
Section
Articles