PENDISTRIBUSI PEMASARAN SELADA DI DESA BATURITI KECAMATAN BATURITI KABUPATEN TABANAN

  • Ida Ayu Candrika Dewi Program Studi Agribisnis,Fakultas Pertanian Dan Bisnis,Universitas Dwijendra
Keywords: Strategi Pemasaran, Produk, Selada

Abstract

Bali merupakan pulau yang sebagian besar penduduknya hidup dari hasil bercocok tanam atau bertani, sehingga pertanian merupakan salah satu sektor yang memegang peranan penting dalam kesejahteraan kehidupan penduduk masyarakat. Sub sektor pertanian yang mempunyai potensi memberikan kontribusi adalah hortikultura. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui Strategi pemasaran  selada di Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan dan untuk mengetahui kendala pemasaran Selada di Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan Lokasi penelitian ini dipilih secara sengaja di Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. Responden dalam penelitian ini adalah petani selada sejumlah 45 orang. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumen dan kuisioner. Data dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pemasaran tetap memperhatikan 4P, yaitu product (produk) price (harga), place (distribusi pemasaran produk) dan promotion (promosi produk) dan beberapa kendala yang di hadapi oleh petani di Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan adalah fluktuasi harga di pasar (tingkat konsumen), pembayaran yang tidak tunai, bertambahnya perusahan yang baru sebagai pesaing, terbatasnya kepastian untuk melakukan peningkatan promosi dan terbatasnya produk. Saran dari penelitian ini ialah selalu menjaga dan tetap meningkatkan kualitas produk Selada yang di tawarkan kepada masyarakat agar tetap mempertahankan kepuasan pelanggan.

References

Alam.2002 Manajamen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. ALFABETA,Badung.
Anon, 2011. Pedoman umum penyelenggaraan peyuluhan pertanian , jakarta: Rineka
Assauri.2002. Manajamen Pemasaran: Konsep Dasar dan Stategi Cetakan Ke- 7. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Badan Pusat Statistik. 2016. Penduduk 15 Tahun Ke atas yg Bekerja Menurut Lapangan Pekerjaan Utama 1986-2017: Badan Pusat Statistik Provinsi Bali.
Buchari, Alam, 2007, manajamen pemasaran dan pemasran jasa penerbit ALFABETA, Badung
Candra.2002.Strategi Dan Program Pemasaran.Yogyakarta: Adi.
Dananjaya, I. G. A. N. 2021. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Usahatani Kopi Robusta di Desa Umajero Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng. Jurnal dwijenAGRO, Vol. 11. No.1.
Dewi, I.A.C.2021. Bauran Pemasaran Sayuran Di UD.Panca Serani Di Desa Bangli Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan. Jurnal Widyasrama Vol 31 No.1 (2021)
Dewi, I.A.C.2021. Strategi Pemasaran Beras Organik di Tempek Gunungsari Pada Subak Jatiluwih.Jurnal Widyasrama Vol 31 No.1 (2021)
Fandi, Tjiptono,1995, Strategi Pemasaran, Edisi pertama, Adi Offsed.Ygyakarta .
Fandi,Tjiptono, 2002,persefsi manajamen dan pemasaran dan pemasaran kontrerprorer,penerbitan Adi, Ygyakarta.
Fandi Tjiptono 2004, manajamen jasa, Edisi II Adi, Yogyakarta.
Freddy, 2003, Mengansuring cutomer sacisfaction, Gramedia, Pustaka Utama, Jakarta.
Hasibuan. 2007. Manajer: Dasar,Pengertian Dan Masalah. Edisi Revisi. Jakarta Erlangga.
Herujito. 2001. Dasar Manajamen,PT Grasindo, Jakarta. Husein, Umar, 2003, Metode riset, PRILAKU KONSUMEN JASA, penerbit: Gahlia Indonesia, Jakarta : Ghalia Indonesia.
Inu, Kencana, 1999 ilmu admistrasi publik, Rineka Cipta Jakarta.
Kartini, 2000.Manajamen Pemasaran.Kartini 2000. Pertanian Organik.
Kotler. 2002. Manajamen Pemasaran Edisi Milinium, PT Pren Bhalindo
Kotler, Philip,2005. Manajamen pemasaran, Edisi Kesebelas, jIlid I terjema bahasa indonesia, PT Indeks, Jakarta .
Nur Arifin,2016. Analisis Jalur Distribusi Sayuran Bunga Kol ( Brassica Oleraceae) Dari Petani Di Keamatan Baturiti Hingga Konsumen Di Kota Denpasar, Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindusri Vol 4 No.2 (2016)
Payne, Adrian. 2001 . The Essesce of sencitive Marketing (Pemasaran Jasa) Jogyakarta: Adi
Sedana, G. and N.D. Astawa. (2016). Panca Datu Partnership in Support of Inclusive Business for Coffee Development:The Case of Ngada District, Province of Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Asian Journal of Agriculture and Development, Vol. 13, No.2: 75-98.
Sedana, G. (2020). Benefits of farmers' cooperative to rice farming activity: case of Subak's cooperative in Guama, Tabanan District, Bali province. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, Volume 484 (2020):012134.
Sedana, G. and A. Rahmat. (2020). Alternative Policies to Strengthen the Traditional Irrigation System for Supporting the Food Security Program: Case of The Subaks’ System in Bali, Indonesia. International Journal of Advanced Science And Technology, Vol. 29, No. 7s: 973-984.
G Sedana, NN Yastini, NMI Maulina. (2021). Roles of local farmers’ organization in supporting food security: case of Subak in Bali, Indonesia. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science 911 (1), 012083
Published
2022-11-07
Section
Articles