ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN PRODUK KERIPIK PISANG DI KOTA METRO

  • Nabillah Salwa Azmah Program Studi Agribisnis Pangan, Jurusan Ekonomi dan Bisnis, Politeknik Negeri Lampung
  • Fadila Marga Saty Program Studi Agribisnis Pangan, Jurusan Ekonomi dan Bisnis, Politeknik Negeri Lampung
  • Sutarni Program Studi Agribisnis Pangan, Jurusan Ekonomi dan Bisnis, Politeknik Negeri Lampung
Keywords: Customer Satisfication Index, Important Performance Analysis, Keripik Pisang

Abstract

Keripik pisang merupakan makanan ringan olahan yang berbahan dasar dari buah pisang. Kajian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen, tingkat kepuasan konsumen dan tingkat kepentingan atribut keripik pisang di Kota Metro. Pelaksanaan penelitian ini perlu dilakukan untuk menjawab permasalahan yang dihadapi oleh konsumen dalam membeli produk keripik pisang dengan mengetahui 6 atribut seperti harga, rasa, aroma, kemudahan memperoleh, ukuran kemasan dan desain kemasan yang menjadi indeks kepuasan konsumen. Metode analisis data yang digunakan adalah Deskriptif, Customer Satisfication Index (CSI), Important Performance Analysis (IPA) dengan 60 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsumen keripik pisang rata-rata berjenis kelamin perempuan, umur 19-24 tahun, pendidikan terakhir adalah SMA, pendapatan rata-rata Rp.2.500.000-Rp.5.000.000 dengan tanggungan keluarga 4-6 orang. Indeks kepuasan konsumen berada pada indeks kepuasan konsumen 86.54% artinya sangat puas namun masih perlu ditingkatkan kembali hingga konsumen mencapai kepuasan. Tingkat kepentingan produk keripik pisang yang perlu di tingkatkan pada kuadran I adalah  ukuran kemasan dan yang perlu dipertahankan pada kuadran II adalah atribut harga dan rasa keripik pisang.

References

Agatha, Grace Virginie, Teguh Endaryanto, And Ani Suryani. 2020. “Analisis Preferensi, Kepuasaan Dan Loyalitas Konsumen Terhadap Keripik Pisang Dan Singkong Di Sentra Agroindustri Keripik Kota Bandar Lampung.” Jiia 8(1):39–47.
Arikunto, Suharsimi, (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi V. Jakarta; Penerbit PT.Rineka Cipta.
Badan Pusat Statistik. 2021. Provinsi Lampung Dalam Angka Lampung Province In Figures 2021. 18560.2101. Edited By Bidang Integrasi Pengolahan Dan Diseminasi Statistik. Provinsi Lampung: Bps Provinsi Lampung.
Daryanto, & Setyobudi, I. (2014). Konsumen Dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media.
Nur Aulia Agustina, Seno Sumowo, Bayu Wijayantini. 2012. “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Penelitian Ipteks 3(2):35–43.
Sufren dan Natanael Y. (2013). Mahir Menggunakan SPSS secara Otodidak. PT Elex Media Komputindo. Jakarta
Sugiyono. (2004). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Wahyuningsih, Basir, P. M., & Astati. (2015). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Produk dan Harga Kerupuk Dangke Merek Nursi di Kabupaten Enrekang (Studi Kasus Di Desa Talaga). Analisis Tingkat Kepuasan, 3, 102–121.
Wahyuningsih, Paly Muh. Basir, dan Astati. 2015. “Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Dan Harga Kerupuk Dangke Merek Nursi Di Kabupaten Enrekang (Studi Kasus Di Desa Talaga).” Analisis Tingkat Kepuasan 3:102–21.
Wayan Elpa Andela, Teguh Endaryanto, Rabiatul Adawiyah. 2020. “Sikap, Pengambilan Keputusan Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Agroindustri Pie Pisang Di Kota Bandar Lampung.” Jiia 8(2).
Bobbi dan Hernacki, Mike. 1992. Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Penerbit Kaifa.
Sujimat, D. Agus. 2000. Penulisan karya ilmiah. Makalah disampaikan pada pelatihan penelitian bagi guru SLTP Negeri di Kabupaten Sidoarjo tanggal 19 Oktober 2000 (Tidak diterbitkan). MKKS SLTP Negeri Kabupaten Sidoarjo
Sutarni, S., Trisnanto, T. B., dan Unteawati, B. (2018). Preferensi Konsumen Terhadap Atribut Produk Sayuran Organik di Kota Bandar Lampung. Jurnal penelitian pertanian terapan 17(3), 203.
Suparno. 2000. Langkah-langkah Penulisan Artikel Ilmiah dalam Saukah, Ali dan Waseso, M.G. 2000. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah. Malang: UM Press.
UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.
Wahab, Abdul dan Lestari, Lies Amin. 1999. Menulis Karya Ilmiah. Surabaya: Airlangga University Press.
Winardi, Gunawan. 2002. Panduan Mempersiapkan Tulisan Ilmiah. Bandung: Akatiga.
Published
2022-11-07
Section
Articles