PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA RUMAH MAKAN WARUNG BEBEK D’UMA DI DENPASAR
Keywords:
Harga, Promosi, Lokasi dan Keputusan Pembelian
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, promosi dan lokasi secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitaif. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Warung Bebek D’uma dan sampel yang digunakan sebanyak 75 orang. Teknik analisis data menggunakan Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji Asumsi Klasik, Anaisis Regresi Linier Berganda, Uji Koefisien Deaterminasi, Uji F dan Uji t. Dari hasil penelitian diperoleh hasil: (1) Harga memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap Keputusan pembelian, dimana diperoleh nilai koefisien t sebesar 3,642, nilai koefisien regresi sebesar 0,233 dan signifikansi sebesar 0,001, (2) Promosi memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap keputusan pembelian, diperoleh nilai koefisien t sebesar 3,702, nilai koefisien regresi sebesar 0,213 dan signifikansi sebesar 0,000. (3) Lokasi memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap keputusan pembelian, diperoleh nilai koefisien t sebesar 2,205, nilai koefisien regresi sebesar 0,135 dan signifikansi sebesar 0,031, dan (4) harga, promosi dan lokasi secara bersama - sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, dimana diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000. Saran dalam penelitian ini adalah Warung Bebek D’uma hendaknya selalu membuat kebijakan harga yang sesuai dengan kualitas yang ditawarkan, membuat papan nama yang mudah dillihat oleh konsumen, serta Warung Bebek D’uma selalu aktif melakukan promosi di media sosial agar nantinya lebih dikenal oleh banyak konsumen.References
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Baruna, H. B. (2017). The Influence of Quality Products, Price, Promotion, and Location to Product Purchase Decision on Nitchi at PT. Jaya Swarasa Agung in Central. Jakarta, 2, 1–18.
Basu, Swasta, D. dan I. (2002). Manajemen pemasaran modern. Yogyakarta : Liberty., 30–34.
Belqis Huril Zanah, Fauzan Muttaqien, K. D. (2019). Pengaruh Faktor-Faktor Bauran PemasaranTerhadap Keputusan Pembelian Produk Rengginang UD Makmur Lumajang. PE-at:Http://Proceedings.Stiewidyagamalumajang.Ac.Id/Index.Php/ Progress. Progress Conference Volume 2, July 2019, E-ISSN :2622-304X, P-ISSN : 2622-3031., 2(2), 258–263. https://doi.org/10.22225/ah.2.2.1930.258-263.
Imam, G. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Semarang : Penerbit Universitas Diponogoro, 1–10.
Kotler, P. dan G. A. (2016). Prinsip - prinsip Pemasaran Edisi 13. Jilid 2. Jakarta: Erlangga., 4(2), 91–106. https://doi.org/10.46576/bn.v4i2.1699.
Lupiyoadi, R. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.
Mulyadi, R. M. dan Ria. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian di Red n Blue Cafe Tanjungpinang. Vitka Jurnal Manajemen Pariwisata, Vol. 2 No. 02 (2020).
Stain, D., Jurusan, K., & Sosial, I. (2017). ISSN: 1693 – 6922 Peranan strategi promosi pemasaran, 1, 55–66.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&d. Bandung: Alfabet., 1–10.
Sutrisno N. and Haryani, A. D. (2017). Influence of Brand and Product Quality on Customer’S Buying Decision in South Cikarang Bekasi Regency. J. Lentera Bisnis, Vol. 6, No. 1, p. 85, 2017, Doi: 10.34127/Jrlab.V6i1.169., 5(1), 13–27.
Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran, Edisi Kedua. Penerbit Andi Offset, Yogyakarta., 2(2), 155–160.
Baruna, H. B. (2017). The Influence of Quality Products, Price, Promotion, and Location to Product Purchase Decision on Nitchi at PT. Jaya Swarasa Agung in Central. Jakarta, 2, 1–18.
Basu, Swasta, D. dan I. (2002). Manajemen pemasaran modern. Yogyakarta : Liberty., 30–34.
Belqis Huril Zanah, Fauzan Muttaqien, K. D. (2019). Pengaruh Faktor-Faktor Bauran PemasaranTerhadap Keputusan Pembelian Produk Rengginang UD Makmur Lumajang. PE-at:Http://Proceedings.Stiewidyagamalumajang.Ac.Id/Index.Php/ Progress. Progress Conference Volume 2, July 2019, E-ISSN :2622-304X, P-ISSN : 2622-3031., 2(2), 258–263. https://doi.org/10.22225/ah.2.2.1930.258-263.
Imam, G. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Semarang : Penerbit Universitas Diponogoro, 1–10.
Kotler, P. dan G. A. (2016). Prinsip - prinsip Pemasaran Edisi 13. Jilid 2. Jakarta: Erlangga., 4(2), 91–106. https://doi.org/10.46576/bn.v4i2.1699.
Lupiyoadi, R. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.
Mulyadi, R. M. dan Ria. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian di Red n Blue Cafe Tanjungpinang. Vitka Jurnal Manajemen Pariwisata, Vol. 2 No. 02 (2020).
Stain, D., Jurusan, K., & Sosial, I. (2017). ISSN: 1693 – 6922 Peranan strategi promosi pemasaran, 1, 55–66.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&d. Bandung: Alfabet., 1–10.
Sutrisno N. and Haryani, A. D. (2017). Influence of Brand and Product Quality on Customer’S Buying Decision in South Cikarang Bekasi Regency. J. Lentera Bisnis, Vol. 6, No. 1, p. 85, 2017, Doi: 10.34127/Jrlab.V6i1.169., 5(1), 13–27.
Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran, Edisi Kedua. Penerbit Andi Offset, Yogyakarta., 2(2), 155–160.